'Bekal Buat Suami' Jadi Trending Twitter, Apa Sih yang Dimasak?

Devi Setya - detikFood Senin, 29 Jun 2020 14:00 WIB
bekal buat suami Foto: twitter @rainydecember
Jakarta -

Bekal buat suami jadi topik yang hangat dibicarakan netizen pengguna twitter. Tak disangka, utas soal bekal makan ini menduduki trending topic teratas.

Utas yang dibagikan pengguna akun twitter @rainydecember ternyata membuat cuitannya ramai dibahas di media sosial. Pengguna twitter yang biasa disapa Khaerani ini awalnya hanya berniat membagikan rutinitas hariannya sebagai istri yang kerap memasak bekal makan untuk sang suami.

Topik ini memang sederhana tapi ternyata mampu menyedot perhatian publik. Bahkan thread yang dibuat Khaerani ini sudah dibagikan ulang hingga lebih dari 53 ribu kali dan mendapat ratusan ribu likes.

bekal buat suamibekal buat suami Foto: twitter @rainydecember


Baca juga : Makan Seminggu Cuma Habis Rp 176 Ribu, Ini Panduan Belanjanya!


Awalnya Khaerani membagikan rutinitas membuat bekal buat suami lewat twitter @FoodFess. Hampir setiap hari ia mengunggah foto makanan yang jadi bekal suaminya. Tak disangka, rutinitas ini kemudian membuatnya jadi viral.

Pada 26 Juni, Khaerani membuat utas soal bekal buat suami. Ia menceritakan awal mula membuat bekal suami, menu yang jadi pilihan hingga tips dan trik memasak praktis untuk bekal.

Khaerani mengaku baru membuatkan bekal buat suami saat masa new normal. Biasanya sang suami akan pulang untuk makan siang namun kebijakan new normal di kantornya membuat suami Khaerani tak bisa pulang untuk makan siang. Solusi yang dipilih adalah dengan membuatkan bekal untuk suami.

Lewat unggahannya, Khaerani mendapat perhatian karena menu makanan yang disajikan tampak menggoda. Padahal berdasarkan pengakuannya, ia baru belajar masak sejak menikah.

bekal buat suamibekal buat suami Foto: twitter @rainydecember



"Aku belum jago masak. Aku masih belajar juga, karena sebelum nikah aku jarang masak terutama masak lauk pauk, sayur mayur gitu. Suami sebelum nikah juga sudah tau dan bisa mengerti. Jadi waktu baru menikah, aku masih meraba-raba resep, bahkan bikin sayur bening aja masih nanya-nanya," beber Khaerani.

Lambat laun, Khaerani jadi mulai bisa mengolah berbagai makanan. Ia juga senang menyiapkan dan merapikan bahan makanan yang baru saja dibeli dari pasar. Pemandangan food preparation Khaerani juga menyita perhatian karena rapi dan praktis.

Dari foto-foto yang ditampilkan lewat media sosial, banyak yang kemudian bertanya resep dan tips memasak bekal untuk suami. Khaerani juga membagikan resep lengkap dengan takaran bahannya.

Setiap bekal buat suami terdiri dari kombinasi sayur, lauk pauk, buah dan camilan. Namun Khaerani mengaku tak selalu membawakan bekal komplit, semua tergantung ketersediaan bahan.

bekal buat suamibekal buat suami Foto: twitter @rainydecember


"Aku nggak setiap hari bawain menu lengkap, tergantung ketersediaan bahan makanan aja. Kadang nggak masak sayur karena emang sayurnya lagi habis atau lauknya nggak cocok pakai sayur. Kadang lauknya dikit karena emang terbatas dan dihemat-hemat, kadang nggak bawa buah karena emang nggak ada," ujar Khaerani.

Dari sini bisa disimpulkan kalau bekal untuk suami ini sebenarnya bisa fleksibel dan disesuaikan dengan bahan yang ada. Khaerani juga mengakui kalau suaminya tipe orang yang doyan makan jadi ia membawakan bekal agak banyak agar suami tak kelaparan saat pulang kerja.

"Suami emang makannya lumayan mba, kalo ga ngebekelin biasanya pulang sore laper. Jadi pas ngebekelin yaudah sekalian dibawain cemilan jg biar pulang2 ga kelaperan. Suami masuk kerja jam 8, biasa pulang setengah 6, alhamdulillah mostly bekel yg dibawain selalu abis," jawab Khaerani saat ada netizen yang bertanya.

bekal buat suamibekal buat suami Foto: twitter @rainydecember


Baca juga : 11 Menu Bekal Suami yang Enak dan Mudah Dibuat


Berbagai menu yang dimasak Khaerani cukup beragam, mulai dari ayam bakar, sate taichan, daging teriyaki, telur dadar, perkedel jagung dan menu lainnya.

Di sini Khaerani juga menegaskan kalau kisah soal bekal buat suami ini bukan bertujuan untuk membandingkan pasangan suami istri lain. Ia hanya membagikan pengalamannya saat menyajikan bekal buat suami. Ia berpesan agar netizen tidak perlu iri atas apa yang dilakukan Khaerani saat membuatkan bekal suami.

Dari thread ini kemudian banyak netizen yang juga membagikan pengalaman serupa soal membawa bekal. Ada yang baru bercita-cita memasak bekal untuk suami, namun ada juga yang sudah menerapkannya sehari-hari. Mulai dari sini tampaknya akan semakin banyak yang tertarik membuatkan bekal buat suami.

"Aku pengen kaya gini, pagi-pagi masak buat bekal suami dan anak. Tapi sekarang, suami aja belum punya," ujar netizen.

"Gausah pake labelin "Feminis" buat akun yang nyinyirin tweet mb nya. Feminis beneran ga akan kurang kerjaan out of context ngomenin tweet kaya gini sih. Aspek point nya kan tutorial menu masak nya, bukan buat siapanya. Pls Jangan bego." ujar netizen menanggapi sindiran soal bekal buat suami.

"Kiky kuliah? Iya. Kiky berpenghasilan? Banget. Kalo udah nikah mau bikin "bekal buat suami?" ga? YA MAU LAH. Berpendidikan dan berpenghasilan tidak membuat aku menjadi perempuan jumawa yang merasa diinjak-injak harga dirinya hanya karena membuat "bekal untuk suami". Kocak," beber komika Kiky Saputri yang ikut berkomentar.



Simak Video "Bikin Laper: Sumsum Kambing dan Gulai Urat Sapi"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)