Sajian Lezat Imlek

Kuaci dan Manisan Jadi Camilan Imlek Pembawa Keberuntungan

Devi Setya - detikFood Kamis, 11 Feb 2021 11:00 WIB
ilustrasi biji bunga matahari Foto: Thinkstock
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek
Jakarta -

Saat Imlek ada makanan berlimpah di rumah masyarakat China. Termasuk aneka camilan manis seperti manisan yang dipercaya membawa keberuntungan.

Di samping makanan berat seperti mie goreng dan sajian ikan bandeng, masyarakat China juga menghadirkan camilan khas Imlek. Camilan ini biasa jadi suguhan bagi tamu atau sanak keluarga yang berkunjung.

Bukan hanya sekedar teman ngobrol, aneka camilan khas imlek ini juga memiliki makna mendalam. Sebut saja misalnya kuaci yang memiliki makna kesuburan, atau aneka manisan dan permen yang punya simbol keberkahan dan keberuntungan.

Berikut beberapa camilan khas Imlek yang punya makna membawa keberuntungan.

1. Manisan segi 8

Permen Jelly ekstrak ganjaKuaci dan Manisan Jadi Camilan Imlek Pembawa Keberuntungan Foto : Istock

Kudapan manis ini disebut manisan segi 8 karena biasanya dalam satu paket wadah terdiri dari 8 jenis manisan sekaligus. Angka 8 pada mitologi Tionghoa juga memiliki makna keberuntungan yang terus mengalir dan berputar.

Manisan segi 8 kerap disebut juga sebagai 'tray of happiness' yang artinya kebahagiaan. Di dalam kotak wadah ini terdapat 8 jenis manisan yang memiliki arti berbeda-beda. Misalnya manisan leci melambangkan kekuatan, manisan melon yang melambangkan kesehatan.

Ada juga isi permen dan cokelat yang sama-sama membawa arti keberuntungan. Dengan menyantap manisan ini diharapkan hidup akan penuh keberuntungan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Tiga Menu yang Tak Boleh Ketinggalan Saat Imlek ala Delon"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com