Sajian Lezat Imlek

Selain Jeruk, 5 Buah Ini Juga Bawa Keberuntungan Saat Imlek

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 10 Feb 2021 11:00 WIB
jus delima untuk kanker prostat Foto: GettyImages
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek
Jakarta -

Sajian lezat imlek selalu dilengkapi banyak buah segar. Ada berbagai buah wajib ada karena dipercaya membawa keberuntungan.

Beragam jenis jeruk selalu ada di acara perayaan tahun baru China atau Imlek. Jeruk menjadi buah yang dianggap sebagai lambang keberuntungan di tahun baru. Karena warna oranye jeruk mirip warna emas.

Selain jeruk, banyak buah lainnya yang dipercaya dapat membawa keberuntungan. Buah-buah juga selalu ada saat perayaan Imlek. Mulai dari apel yang dianggap sebagai buah mahal dan mewah. Karenanya banyak yang menyebutnya sebagai melambangkan kemakmuran dan kesehatan.

Tak ketinggalan anggur yang dianggap sebagai simbol 'berlimpah'. Anggur dianggap dapat membawa keberuntungan bagi siapapun yang memakan buah ini saat Imlek.

Dilansir dari berbagai sumber berikut lima buah pembawa keberuntungan yang selalu ada saat perayaan Imlek.

Baca Juga: Tradisi Sambut Musim Semi dengan Makan Bareng Keluarga


1. Nanas

cara memotong nanas hanya 2 menit.cara memotong nanas hanya 2 menit. Foto: iStock

Rasanya yang manis dan asam segar, membuat nanas cocok dijadikan campuran kue hingga es buah. Tapi saat perayaan Imlek, nanas dianggap sebagai buah yang dapat membawa keberuntungan.

Tradisi meletakkan dua buah nanas saat Imlek muncul dari Provinsi Fujian, di China. Dalam bahasa Hokkien, nanas disebut sebagai 'ong lai'.

Ong lai sendiri artinya pembawa keberuntungan. Jadi banyak yang percaya bahwa menaruh dua buah nanas di rumah saat Imlek, dapat membawa keberuntungan di tahun yang akan datang.


2. Anggur

Fresh grapeFresh grape Foto: iStock

Anggur merupakan simbol 'berlimpah' yang syarat akan makna di setiap perayaan Imlek. Buang anggur sejak dulu dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi orang-orang yang memakannya.

Bahkan buah anggur ini bisa mendatangkan keberuntungan di sekitar kita. Tidak peduli warna atau jenis anggur yang dipilih. Mulai dari anggur warna ungu atau anggur hijau, semuanya dapat membawa keberuntungan.

Menurut kepercayaan orang China, anggur ungu melambangkan rasa hormat dan elegan. Sementara anggur hijau melambangkan panjang umur dan kemakmuran.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Gemasnya Hampers Bakpao Khusus Imlek di Solo"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com