Sajian Lezat Imlek

5 Makanan Simbol Sial dan Kematian Ini Dilarang Disajikan saat Imlek

Riska Fitria - detikFood Selasa, 09 Feb 2021 17:00 WIB
5 Makanan Simbol Sial dan Kematian Ini Dilarang Disajikan saat Imlek Foto: iStock
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek
Jakarta -

Dalam perayaan Imlek ada beberapa makanan yang dilarang untuk disajikan. Masyarakat China percaya bahwa makanan tersebut bisa menyebabkan kesialan hingga kematian.

Tahun baru, harapan baru. Itulah yang diinginkan saat perayaan tahun baru Imlek. Agar harapan baik tersebut dapat tercapai, maka dilarang untuk menyajikan dan menyantap makanan yang dianggap tabu saat perayaan Imlek.

Beberapa makanan yang dianggap tabu itu ada mulai dari bubur, lobster, pare, sayap ayam hingga roti berongga. Berdasarkan mitos yang berkembang di masyarakat China, makanan tersebut memiliki punya pengaruh buruk.

Khususnya pengaruh buruk dalam kehidupan sepanjang tahun baru. Misalnya menyebabkan kesialan hingga ada pula yang menyebabkan kematian.

Berikut 5 makanan yang dilarang saat perayaan Imlek:

1. Bubur

5 Makanan Simbol Sial dan Kematian Ini Dilarang Disajikan saat Imlek5 Makanan Simbol Sial dan Kematian Ini Dilarang Disajikan saat Imlek Foto: iStock

Bubur menjadi salah satu makanan yang dianggap tabu saat perayaan Imlek. Karenanya menyajikan apalagi menyantap bubur saat Imlek sangat dilarang. Padahal bagi masyarakat China, bubut dianggap sebagai simbol persatuan dan keharmonisan.

Namun, ada alasan tersendiri mengapa bubur dilarang, yaitu karena bubur diartikan sebagai lambang kemiskinan dan kesusahan. Masyarakat China khawatir ketika menyajikan bubur saat Imlek dapat tertimpa sial sepanjang tahun baru.

2. Sayap Ayam

5 Makanan Simbol Sial dan Kematian Ini Dilarang Disajikan saat Imlek5 Makanan Simbol Sial dan Kematian Ini Dilarang Disajikan saat Imlek Foto: iStock

Jangan sekali-kali menyajikan atau menyantap sayap ayam saat perayaan Imlek. Sayap ayam memiliki simbol yang buruk bagi masyarakat China. Mereka meyakini bahwa makanan tersebut adalah simbol pembawa sial.

Berdasarkan filosofi yang dipercaya oleh masyarakat China, sayap merupakan bagian yang digunakan untuk terbang. Jadi ketika mengonsumsinya dikhawatirkan dapat membawa terbang keberuntungan mereka.

Baca Juga : Tradisi Sambut Musim Semi dengan Makan Bareng Keluarga

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Soto Padang yang Penuh Rempah dan Tetelan"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com