7 Tanda Tubuh Terlalu Banyak Konsumsi Gula, Waspadai Dampaknya

Puti Yasmin - detikFood Senin, 08 Feb 2021 12:30 WIB
ilustrasi gula Foto: thinkstock/7 Tanda Tubuh Terlalu Banyak Konsumsi Gula, Waspadai Dampaknya
Jakarta -

Gula merupakan salah satu sumber gizi yang dibutuhkan bagi tubuh. Namun, bisa bahaya jika konsumsi gula berlebihan. Apa saja tanda tubuh terlalu banyak konsumsi gula?

Akibat terlalu banyak mengkonsumsi gula ada banyak risiko penyakit yang bisa menghampiri, misalnya diabetes hingga jantung. Untuk itu, Kementerian Kesehatan menyarankan asupan gula harian setiap orang adalah 4 sendok makan atau sekitar 50 gram per hari.

Tanda Tubuh Kelebihan Gula dikutip dari CNN Indonesia:

  • 1. Perut Kembung

Dilansir Harpers Bazaar, bakteri jahat senang mengonsumsi gula dan menghasilkan gas dalam tubuh. Kondisi ini pun menyebabkan rasa tidak nyaman hingga sakit pada perut.

  • 2. Berat Badan Naik

Menurut profesor kedokteran di Emory School of Medicine, Sharon Bergquist kelebihan glukosa yang dikonsumsi dari gula disimpan di otot dan hati. Kemudian, bila simpanan tersebut sudah maksimal akan diubah menjadi lemak dan menyebabkan kenaikan berat badan.

  • 3. Badan Lemas

Menurut ahli diet di New York, Laura Burak, konsumsi gula tanpa dukungan serat, lemak, dan protein bisa membuat insulin lebih cepat berfungsi dalam menstabilkan kadar gula darah. Akibatnya, kadar gula darah akan turun dengan cepat juga dan membuat penurunan energi dalam tubuh sehingga tubuh merasa lemas.

  • 4. Muncul Jerawat

Ciri orang kebanyakan gula yang lain adalah munculnya jerawat. Medical News Today melaporkan berdasarkan studi tahun 2018 orang yang mengonsumsi minuman manis selama tujuh kali di setiap minggunya memiliki risiko munculnya jerawat moderat dan berat.

  • 5. Sulit Tidur

Sulit tidur menjadi tanda tubuh terlalu banyak konsumsi gula. Pasalnya, saat seseorang makan dan minum dengan kandungan gula yang tinggi bisa meningkatkan energi dalam tubuh sehingga tubuh sulit untuk beristirahat.

  • 6. Penuaan Dini

Penuaan dini bisa terjadi akibat terlalu banyak mengonsumsi gula dalam jangka waktu yang lama. Sebab, hal itu bisa merusak protein, kolagen, dan elastin kulit sehingga menyebabkan kerutan serta garis-garis halus di kulit.

  • 7. Kecanduan Makanan Manis

Tanda tubuh terlalu banyak konsumsi gula yang terakhir adalah rasa adiksi terhadap makanan manis. Hal itu sesuai dalam studi tahun 2019 bahwa kelebihan gula berkaitan dengan aktivasi jalur neural reward.

"Itu lah mengapa konsumsi makanan tinggi gula disandingkan dengan efek euforia konsumsi obat-obatan. Serotonin dan dopamin, hormon perasaan bahagia, dikeluarkan otak saat kita makan makanan manis dan kita mengalami rasa bahagia temporer dan ketenangan," ujar Burak.



Simak Video "Takut Gendut? Ini Tips Minum Boba Rendah Gula"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com