5 Efek Samping Kebanyakan Minum Kopi Bagi Kesehatan

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 12 Jan 2021 05:00 WIB
5 Efek Samping Ini Bisa Terjadi Jika Kebanyakan Ngopi Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Kopi banyak manfaat untuk kesehatan. Tetapi tak bayak orang tahu jika minum kopi secara berlebihan, bisa sebabkan efek samping kesehatan.

Banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari meminum secangkir kopi di pagi hari. Mulai dari membuat mata melek, berenergi, membantu membakar lemak, hingga meningkatkan fungsi otak.

Namun sama seperti makanan dan minuman lainnya. Apapun yang dikonsumsi secara berlebihan tidak baik untuk tubuh. Salah satu penelitian terbaru menjelaskan tentang bahayanya kebiasaan ngopi berlebihan.

Bisa memberi efek buruk pada kesehatan. Mulai dari insomnia, rasa cemas berlebih sampai gastroesophageal reflux (GERD) atau asam lambung.

Dilansir dari berbagai sumber berikut efek samping dan anjuran ngopi sehat agar tidak berlebihan.

Baca Juga: 7 Cara Minum Kopi yang Benar, Cocok untuk Turunkan Berat Badan!


1. Kebiasaan Ngopi Berlebih

Manfaat Kopi untuk Mengembalikan EnergiManfaat Kopi untuk Mengembalikan Energi Foto: iStock, detikFood/Yenny Mustika Sari, dok. Starbucks Indonesia

Ngopi di pagi hari memang tidak berbahaya. Namun menurut penelitian terbaru yang diterbitkan JAMA, mereka menemukan bahwa kebiasaan ngopi lebih dari dua cangkir sehari ini bisa menimbulkan efek samping.

Apalagi bagi orang yang memiliki kebiasaan untuk meminum kopi beriringan dengan minuman lainnya. Seperti minum kopi, teh dan soda dalam hari yang sama. Efeknya memang tidak timbul langsung, tapi bisa meningkatkan risiko terkena asam lambung dan heartburn.

Heartburn sendiri merupakan kondisi pada tubuh di mana munculnya sensasi perih dan panas di dada. Heartburn sendiri muncul setelah asam lambung naik dari lambung menuju esofagus (kerongkongan).


2. Risiko Terserang GERD

5 Efek Samping Ini Bisa Terjadi Jika Kebanyakan Ngopi5 Efek Samping Ini Bisa Terjadi Jika Kebanyakan Ngopi Foto: Getty Images/iStockphoto

Gastroesophageal reflux atau GERD, merupakan penyakit asam lambung yang bisa menyerang siapa saja. Salah satu gejala yang paling umum adalah sensasi heartburn atau rasa terbakar di dada dan sekitar ulu hati.

Bahkan dalam beberapa kondisi tertentu, penderita GERD akan kesulitan menelan makanan hingga mengalami batuk dan sesak napas.

Menurut penelitian dari JAMA Intern Med, peneliti di sana menjelaskan bahwa konsumsi kopi secara berlebihan bisa meningkatkan risiko terserang GERD.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Unik! Menyeruput Kopi Rasa Nasi Kuning"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com