Hindari 6 Kesalahan Memasak Ini Agar Makanan Tetap Sehat

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 04 Feb 2021 09:00 WIB
Hindari 6 Kesalahan Memasak Ini Agar Makanan Tetap Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/jeffbergen
Jakarta -

Memasak di rumah seharusnya lebih hemat dan sehat, namun jika kamu melakukan kesalahan saat memasak ini, makanan justru jadi kurang sehat. Apa saja kesalahan tersebut?

Banyak yang meyakini bahwa makanan buatan rumah lebih sehat dibanding makanan yang dibeli di luar. Anggapan ini benar karena saat kamu memasak makanan sendiri di rumah, kamu bisa tahu bahan apa saja yang kamu gunakan.

Hanya saja kamu perlu mencermati cara memasak sebuah hidangan. Selalu perhatikan kebersihan bahan, area masak, serta alat yang digunakan saat memasak agar makanan lebih higienis dan steril.

Menurut American Journal of Preventive Medicine, memilih langkah yang salah saat memasak bisa mempengaruhi kualitas makanan. Ada 6 kesalahan saat memasak yang ternyata masih sering dilakukan hingga berakhir merusak nutrisi makanan.

Berikut ini 6 kesalahan saat memasak yang harus dihindari agar nutrisi makanan tetap terjaga menurut Livestrong (23/1):

1. Hanya Mencicipi Rasa Hidangan Satu Kali

Hindari 6 Kesalahan Memasak Ini Agar Makanan Tetap SehatHindari 6 Kesalahan Memasak Ini Agar Makanan Tetap Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/jeffbergen

Saat memasak, pastikan selalu mencicipi rasa masakan secara bertahap, jangan hanya sekali saja. Hal ini agar kamu tidak menggunakan garam berlebihan. Jika memungkinkan, ganti penggunaan garam dengan rempah agar makanan tidak mengandung sodium berlebih.

"Banyak bahan yang digunakan secara teratur, seperti kacang kacangan, kaldu, tomat kalengan, saus pasta, keju parut dan ayam rotisserie. Makanan itu berkontribusi pada penambahan garam secara alami," kata Beth Stark.

Baca Juga: 15 Tips Memasak agar Hasilnya Maksimal Tanpa Merusak Makanan

2. Mengupas Kulit Buah dan Sayur Terlalu Banyak

Banyak orang mengupas dan membuang bagian luar buah dan sayur terlalu banyak. Hal ini ternyata akan berdampak pada hilangnya nutrisi karena justru pada kulit dan bagian ujung sayuran terkandung banyak nutrisi.

Menurut USDA, membersihkan sayuran dengan membuang terlalu banyak bagian dapat menyebabkan serat tambahan, vitamin, mineral dan antioksidan ikut terbuang. Misalnya pada sebuah kentang yang belum dikupas memiliki 42% lebih banyak serat dan serat ini akan hilang ketika kentang dikupas.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Resto di Jakarta Ini Sajikan Menu dari Hasil Panen di Kebun Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com