6 Kesalahan Sepele yang Paling Sering Terjadi Saat Memasak

Milla Kurniaputri - detikFood Minggu, 04 Agu 2019 11:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kalau kamu baru belajar memasak mungkin kesalahan sepele ini kerap terjadi. Jangan kecil hati koreksi segera agar masakan jadi lezat.

Memasak terlihat sebagai pekerjaan sepele, padahal ketrampilan ini perlu latihan. Proses memasak sendiri merupakan proses kimia dan fisika. Bahan makanan berubah rasa dan tekstur karena bumbu dan pemanasan.

Pemakaian bumbu dan minyak berlimpah bukan berarti selalu sukses membuat makanan lezat. Demikian juga dengan api yang besar tak berarti bakal bikin masakan cepat matang. Berikut ini kesalahan yang mungkin sering kamu lakukan ketika memasak di dapur, Today (30/7) dan berbagai sumber serta cara mengatasinya.

Baca Juga: 11 Tips Dapur Praktis yang Bikin Hidup Anda Jadi Lebih Mudah

6 Kesalahan Sepele yang Paling Sering Terjadi Saat Memasak Foto: Thinkstock


1. Daging terlalu lama direndam bumbu

Umumnya daging sapi direndam bumbu agar cepat empuk dan meresap bumbunya. Tetapi jika merendam bumbu dengan bumbu yang rasanya asa, terlalu lama justru bikin tekstur daging jadi lembek sekali dan tak enak dinikmati.

Jika menggunakan asam seperti jus jeruk atau cuka, ingatlah untuk menggunakan minyak dan asam dengan perbandingan 3:1 dalam bumbu rendaman. Jangan didiamkan lebih dari satu atau dua jam karena akan merusak tekstur daging.

6 Kesalahan Sepele yang Paling Sering Terjadi Saat Memasak Foto: iStock


2. Terlalu cepat memotong beefsteak

Karena ingin buru-buru mencicipi, biasanya beefsteak yang baru diangkat dari wajan langsung ditaruh di talenan dan dipotong-potong. Cara ini tak akan dapatkan rasa juicy daging sapi.

Sebaiknya diamkan beefsteak selama 10 menit terlebih dahulu ketika daging masih panas di atas talenan. Masa istirahat ini akan membuat jus daging keluar dan rasa daging steak jadi lebih enak.

6 Kesalahan Sepele yang Paling Sering Terjadi Saat Memasak Foto: iStock


3. Sayuran terlalu matang

Sayuran direbus hingga lunak dalam air mendidih. Cara ini akan membuat sayuran berwarna kecokelatan, lembek dan berair. Saat merebus sayuran sebaiknya angkat dan tiriskan saat sayuran berubah warna.

Segera rendam dalam air es agar proses pematangan terhenti. Cara blansir ini akan membuat sayuran tetap renyah dan warnanya cantik.

6 Kesalahan Sepele yang Paling Sering Terjadi Saat Memasak Foto: iStock


4. Wajan terlalu penuh saat menumis

Selalu gunakan wajan sesuai dengan jumlah bahan makanan yang akan ditumis. Jika terlalu banyak memasukkan bahan maka sayuran dan bahan lainnya tak akan matang sempurna. Bisa sebagian gosong atau mentah. Tentu saja teksturnya jadi kurang enak. Sebaiknya beri ruangan cukup dalam wajan agar makanan bisa matang sempurna. Ini berlaku saat menumis, menggoreng atau merebus.

6 Kesalahan Sepele yang Paling Sering Terjadi Saat Memasak Foto: iStock


5. Memasak dengan minyak yang salah

Tiap jenis minyak untuk memasak memiliki karkater berbeda-beda. Ada yang bagus untuk memasak di suhu tinggi, ada pula yang bagus untuk memasak di suhu sedang. Maka pilih minyak sesuai kebutuhan.

Untuk menggoreng gunakan minyak dengan titik asap tinggi seperti minyak kelapa atau canola. Untuk memanggang atau membakar bisa memakai minyak olive atau minyak wijen untuk olesan. Sedangkan untuk saus salad bisa dipakai extra virgin olive oil.

6 Kesalahan Sepele yang Paling Sering Terjadi Saat Memasak Foto: iStock


6. Terlalu banyak air saat merebus pasta

Pada dasarnya, kamu tidak perlu merebus pasta dengan air yang terlalu banyak. Padahal hanya perlu air yang cukup hingga menutupi atau merendam pasta. Rebus hingga pasta cukup matangnya atau 'al dente' (empuk di luar tetapi bagian tengahnya sedikit keras). Sebaliknya jika terlalu sedikit air perebus pasta tidak akan matang merata.

Simak Video "Andriyanto, 'Tukang Nasi Goreng' Asal Sragen yang Berjuang di Amerika"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)