Tren Mie Instan Korea & Jepang

Ini Sebabnya Mie Instan Jepang Punya Rasa yang Bikin Nagih

Devi Setya - detikFood Rabu, 03 Feb 2021 17:30 WIB
Ini Sebabnya Mie Instan Jepang Punya Rasa yang Bikin Nagih Foto: Getty Images/iStockphoto/akiyoko
Jakarta -

Masyarakat Jepang termasuk konsumen besar mie instan. Rasa yang khas menjadikan mie instan asal Jepang selalu diburu karena gurih kaldunya selalu bikin nagih.


Sekitar 5,7 miliar mie instan cup diproduksi setiap tahun di Jepang. Menurut data 2018 yang dirilis oleh Asosiasi Industri Makanan Instan Jepang, ada lebih dari 99 juta mie instan terjual setiap tahun di 50 negara, tidak hanya di Jepang.

Data ini menunjukkan bahwa tidak hanya orang Jepang yang menikmati lezatnya mie instan ini. Tetapi masyarakat dari berbagai negara pun doyan makan mie instan asal Jepang.

Dilansir dari Japan Today (3/2) ada beberapa alasan yang membuat mie instan Jepang begitu populer, termasuk di luar negeri. Sebut saja karena praktis dan mudah diolah, punya rasa lezat serta tersedia dalam beberapa pilihan ukuran.

Berikut alasan mie instan Jepang terlihat menggoda bagi banyak orang.

1. Diproduksi oleh restoran ramen ternama

Ini Sebabnya Mie Instan Jepang Punya Rasa yang Bikin NagihIni Sebabnya Mie Instan Jepang Punya Rasa yang Bikin Nagih Foto: Getty Images/iStockphoto/akiyoko



Beberapa produk mie instan diproduksi langsung oleh restoran ramen ternama di Jepang. Hal ini menjadi keunggulan karena banyak orang bisa menikmati rasa ramen autentik lewat seporsi mie instan. Dan siapapun bisa menikmatinya tanpa datang ke restoran.

Banyak dari restoran ramen berkolaborasi dengan produsen mie instan atau toko swalayan agar bisa diproduksi secara massal. Meskipun rasanya tidak sama persis dengan sajian di restoran, orang-orang setidaknya bisa menikmati mie dengan rasa kelas resto.

"Banyak ramen instan Jepang adalah produk yang dibuat oleh resto ramen populer. Senang rasanya bisa makan makanan mereka bahkan tanpa harus pergi ke restoran, " ujar seorang wanita asal Italia.

2. Mie instan produksi supermarket

Beberapa supermarket di Jepang memiliki merek mie instan sendiri, misalnya Conbini. Ada berbagai jenis dan rasa mie instan seperti tanmen yang hadir dengan banyak sayuran, atau ramen sederhana rasa kecap. Banyak orang asing membeli produk ini berulang kali karena rasanya enak dan murah.

"Saya pernah mendengar bahwa mie instan merek conbini itu enak, tapi ternyata rasanya lebih enak dari yang saya kira!" ujar pria asal Korea.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com