Tren Mie Instan Korea & Jepang

Diciptakan Jepang Usai PD II, Mie Instan Kini Digandrungi Orang di Dunia

Riska Fitria - detikFood Senin, 01 Feb 2021 19:00 WIB
Diciptakan Jepang Usai PD II, Mie Instan Kini Digandrungi Orang di Dunia Foto: detikcom/Riska Fitria
Jakarta -

Mie instan sangat populer di seluruh dunia. Namun tahukah kamu bahwa mie instan diciptakan pertama kali di Jepang? ini sejarahnya.

Mengonsumsi mie instan sudah menjadi gaya hidup. Proses pembuatan yang praktis dan cepat membuat mie instan selalu menjadi pilihan semua orang. Apalagi rasanya yang gurih dan bikin ketagihan.

Dilansir dari World Instant Noodles Association, mie instan muncul pertama kali di tepat pada tahun 1958. Tepat sekitar 10 tahun setelah Jepang mengalami kekalahan dalam Perang Dunia II.

Baca Juga : Cicip Mie Instan Korea hingga Thailand dari KKV, Begini Cita Rasanya

Diciptakan Jepang Usai PD II, Mie Instan Kini Digandrungi Orang di DuniaDiciptakan Jepang Usai PD II, Mie Instan Kini Digandrungi Orang di Dunia Foto: iStock

Saat itu, masyarakat Jepang yang selamat dari Perang Dunia II menjadi kelaparan. Nah, untuk menyelamatkan mereka semua, seseorang asal Jepang bernama Momofuku Ando menciptakan mie instan.

Mengutip dari Gizmodo, Momofuku Ando mendirikan pabrik mie instan yang bernama Nissin. Ide itu tercetus saat Ando melihat banyak orang yang mengantre hanya untuk membeli semangkuk ramen.

Dari itu ia kemudian menciptakan mie ramen yang lebih praktis, sehingga orang tak perlu lama-lama mengantre. Lalu terciptalah mie instan pertama dengan merek 'Chikin Ramen'.

Diciptakan Jepang Usai PD II, Mie Instan Kini Digandrungi Orang di DuniaDiciptakan Jepang Usai PD II, Mie Instan Kini Digandrungi Orang di Dunia Foto: iStock

Uniknya lagi, mie instan tersebut tercipta tanpa sengaja. Saat itu, Ando berulang kali mengalami kegagalan saat mencoba untuk mengawetkan mie. Lalu, ia mencelupkan adonan mie ke dalam minyak tempura yang sudah dipanaskan oleh istrinya untuk malam.

Dan saat itu juga ia baru mengetahui bahwa menggoreng mie tidak hanya bisa menghilangkan kadar air di dalamnya, tetapi juga menciptakan lubang-lubang kecil yang dapat membuat mie lebih cepat matang.

Setelah dipasarkan, merek mie instan tersebut langsung melejit. Bahkan masyarakat Jepang menjadikan mie instan sebagai makanan pokok sehari-hari. Pada 1971,Ando menciptakan mie instan kemasan cup yang lebih praktis dengan merek 'Cup Noodles'.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com