7 Fakta Wine, Minuman yang Diduga Dibeli Edhy Prabowo Pakai Uang Suap

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 29 Jan 2021 13:30 WIB
7 Fakta Wine, Minuman yang Diduga Dibeli Edhy Prabowo Pakai Uang Suap Foto: Getty Images/webphotographeer
Jakarta -

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo diduga menggunakan uang suap untuk membeli wine. Minuman beralkohol ini punya banyak fakta menarik.

Kasus Edhy Prabowo membawa Ery Cahyaningrum sebagai saksi dalam kasus suap ekspor benih lobster atau benur. Penyidik KPK mengkonfirmasi Ery terkait pembelian wine oleh Edhy.

"Ery Cahyaningrum (karyawan swasta) dikonfirmasi terkait kegiatan usaha saksi yang menjual produk minuman, di antaranya jenis wine, yang diduga juga dibeli dan dikonsumsi oleh tersangka EP (Edhy Prabowo) dan tersangka AM (Amiril Mukminin)," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (27/1/2021).

Baca Juga: KPK Selidiki Dugaan Edhy Prabowo Beli Wine ke Ery Cahyaningrum Pakai Duit Suap

Wine sendiri merupakan jenis minuman alkohol paling populer di dunia. Wine yang umum dikenal adalah white wine dan red wine.

Kedua jenis wine ini mudah dibedakan dari warnanya. Selain dua wine itu, ada juga rose wine dan sparkling wine. Tiap jenis wine ini memiliki karakteristik berbeda-beda.

Khusus untuk red wine, minuman ini punya sederet fakta yang menarik kamu ketahui. Informasinya dirangkum detikfood seperti berikut (29/1):

1. Red wine bikin panjang umur

7 Fakta Wine, Minuman yang Diduga Dibeli Edhy Prabowo Pakai Uang Suap7 Fakta Wine, Minuman yang Diduga Dibeli Edhy Prabowo Pakai Uang Suap Foto: Getty Images/webphotographeer

Minum red wine dalam batas normal bermanfaat sehatkan jantung dan membuat panjang umur. Hal ini lantaran kandungan polifenol di dalamnya.

Salah satunya tannin yang juga ditemukan dalam teh hijau dan dark chocolate. Secara spesifik tannin bisa menghambat plak kolesterol di pembuluh darah.

2. Asal warna merah pada red wine

Warna merah pada red wine berasal dari pigmen tanaman bernama antosianin, yang ditemukan pada kulit anggur merah.

Warna ini akan semakin pudar atau terang seiring masa penyimpanan wine yang bertambah. Karenanya red wine yang disimpan sangat lama akan berwarna pucat dan tembus pandang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com