4 Etika Makan Pizza, Simak Cara Makan Pizza yang Sopan

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 29 Jan 2021 15:30 WIB
4 Etika Makan Pizza, Simak Cara Makan Pizza yang Sopan Foto: iStock
Jakarta -

Melahap pizza tak sekadar memasukkan potongan pizza ke mulut. Ada etika makan pizza yang perlu diketahui supaya terlihat sopan.

Berbagai cara makan pizza sudah berkembang sesuai dengan dimana pizza itu disajikan. Walaupun pizza sudah menjadi makanan internasional, tetapi sebenarnya masih ada budaya asli dalam menikmati hidangan pizza.

Pizza yang berasal dari Italia tentunya membawa budaya khas Italia yang tidak banyak diketahui masyarakat di luar Italia. Di Italia sendiri, hingga sekarang, tata cara makan di restoran pizza masih dilakukan dengan baik.

Tata cara atau etika makan sebuah hidangan memang tidak berupa aturan baku atau tidak ada hukuman jika tidak melakukannya. Tetapi dengan mengikuti hal tersebut, kamu akan terlihat lebih sopan dan berkelas.

Berikut ini ada 4 catatan penting etika makan pizza di restoran Italia menurut wikiHow (16/12):

1. Tak Langsung Makan Pizza

Secara tradisional, beberapa kedai pizza di Italia pasti menyajikan makanan pembuka untuk para pelanggannya. Tidak main-main, makanan pembuka yang disajikan berupa satu loyang utuh pizza yang diperuntukkan untuk berbagi dengan pelanggan lainnya.

Kamu tentunya bisa mengambil potongan pizza ini. Segera ambil dan pegang pizzamu saat pelayan menawarkannya ke meja.

Untuk menjadi catatan, kamu tidak boleh langsung memakan pizza tersebut dan harus menunggu hingga semua pelanggan mendapatkan pizza pembuka. Jika saat makan pizza kamu takut ada kotoran yang menodai baju, kamu bisa menggunakan piring yang disajikan untuk makanan pembuka sebagai alasnya.

Baca Juga: Khusus Kaum Rebahan, Makan Pizza Sambil Nonton Netflix Digaji Rp 7 Juta!

2. Gunakan Garpu dan Pisau Saat Kepentingan Formal

4 Etika Makan Pizza, Simak Cara Makan Pizza yang Sopan4 Etika Makan Pizza, Simak Cara Makan Pizza yang Sopan Foto: iStock

Makan pizza memang disarankan langsung mengangkat adonan dan melipatnya dengan tangan. Tetapi hal ini berbeda jika kamu makan pizza dalam acara formal seperti pertemuan bisnis atau lainnya.

Gunakan garpu dan pisau untuk memotong dan menyuapkan pizza ke mulut. Letakkan irisan pizza di atas piring dan potong lebih kecil saat ingin dimakan.

Cara ini akan menghindarkan saus atau topping yang terjatuh dan menodai bajumu. Memotong pizza menjadi lebih kecil juga akan memudahkan untuk berbicara saat melakukan perbincangan bisnis.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com