ADVERTISEMENT

Tips Praktis Bersihkan Insang Ikan Kembung Pakai Sumpit

Riska Fitria - detikFood
Jumat, 29 Jan 2021 10:30 WIB
Tips Praktis Bersihkan Insang Ikan Kembung Pakai Sumpit
Foto: TikTok @yulianicasperosma
Jakarta -

Sebelum diolah jadi santapan, ikan harus dibersihkan dari insangnya. Nah, ada tips praktis untuk membersihkan insang hanya dengan menggunakan sumpit.

Ikan merupakan makanan yang lezat dan kaya protein. Namun, perhatikan saat membersihkan ikan agar tidak beraroma amis. Salah satunya dengan membuang insang dari dalam tubuh ikan.

Kebanyakan orang membuang insang menggunakan tangan. Caranya dengan membuka sisi penutup insang yang ada di bagian kepala, lalu insang diambil menggunakan jari-jari.

Tips Praktis Bersihkan Insang Ikan Kembung Pakai SumpitTips Praktis Bersihkan Insang Ikan Kembung Pakai Sumpit Foto: iStock

Baca Juga : Kenali 5 Tanda Ikan yang Benar-benar Segar

Atau ada juga yang menggunakan pisau dengan merobek bagian perut. Namun, cara tersebut bisa membuat tampilan ikan menjadi kurang estetik.

Nah, seorang pengguna TikTok dengan akun @yulianicasperosma membagikan tips praktis membuang insang tanpa merobek perut ikan. Tipsnya adalah menggunakan sumpit.

Seperti yang dipraktekkan dalam video. Pengguna TikTok tersebut mencoba membuang insang dari ikan kembung. Kemudian ia menggunakan dua buah sumpit. Sumpit tersebut dimasukkan ke dalam tubuh ikan lewat mulut ikan.

Tips Praktis Bersihkan Insang Ikan Kembung Pakai SumpitTips Praktis Bersihkan Insang Ikan Kembung Pakai Sumpit Foto: TikTok @yulianicasperosma

Setelah itu putar-putar sumpit, lalu tarik keluar. Dengan begitu, insang dan bagian isi perut ikan akan terlilit di sumpitnya. Perut ikan pun langsung menjadi bersih. Videonya menjadi ramai setelah dibagikan oleh akun Instagram @reseptiktok.

Ternyata banyak netizen yang belum tahu dengan cara tersebut. Berbagai tanggapan pun memenuhi kolom komentar, ada yang tertarik, ada pula yang lebih tertarik dengan cara biasa menggunakan tangan.

"Wah idenya bagus nih, biar ikan gak kebelah ya perutnya, jadi cakep pas dimasak," tulis netizen.

"Kalau saya kayaknya akan lebih cepat pakai tangan biasanya deh. Tapi idenya menarik," tulis netizen lainnya.

Tips Praktis Bersihkan Insang Ikan Kembung Pakai SumpitTips Praktis Bersihkan Insang Ikan Kembung Pakai Sumpit Foto: TikTok @yulianicasperosma

Selain insang, ada bagian ikan lainnya yang harus dihilangkan, yaitu sirip dan sisik. Mudah untuk membersihkan keduanya, cukup menggunakan pisau saja.

Untuk membuang sirip cukup potong sirip yang ada di bagian punggung, dada, perut dan ekor ikan menggunakan pisau. Begitu pula untuk membersihkan sisik yang harus menggunakan pisau.

Caranya dengan memegang bagikan ekor, lalu mengikis sisik ikan dari arah kepala menuju ekor. Cara tersebut lebih mudah dan bisa mencegah terjadinya kecelakaan saat membersihkan sisik ikan.

Baca Juga : Chef Arnold Ungkap Keterampilan Chef Bersihkan Ikan hingga Kepiting



Simak Video "Nenek Yanah, Viral Gegara Tutorial Memasak Absurd"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT