7 Kesalahan Belanja yang Bikin Kamu Boros, Simak Yuk!

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 29 Jan 2021 09:00 WIB
7 Kesalahan Belanja yang Bikin Kamu Boros, Simak Yuk! Foto: Getty Images/iStockphoto/gerenme
Jakarta -

Memasak makanan sendiri di rumah seharusnya lebih hemat, tapi hati-hati karena ada kesalahan belanja yang justru bikin kamu boros. Apa saja ya?

Permasalahan dalam rumah tangga setiap bulannya adalah efisiensi biaya bulanan terutama untuk kebutuhan makan dan dapur. Banyak cara yang sebenarnya bisa dilakukan untuk menghemat biaya pemenuhan kebutuhan makanan dan dapur ini.

Tetapi tidak bisa dihindari bahwa masih ada kesalahan yang sering dilakukan sehingga berujung pada pemborosan. Masih banyak beberapa hal yang sering dilakukan oleh orang-orang yang ternyata lebih boros biaya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran misalnya dengan membeli dalam jumlah banyak hingga mengetahui cara menyimpan bahan makanan agar awet. Coba perhatikan kembali bagaimana kamu mengelola dan menggunakan barang-barang di dapurmu, apakah sudah benar atau belum.

Dilansir dari Reader's Digest (4/1), berikut ini 7 kesalahan belanja dan mengelola dapur yang bikin kamu boros:

1. Tidak Membeli Sayuran Utuh

7 Kesalahan Belanja yang Bikin Kamu Boros, Simak Yuk!7 Kesalahan Belanja yang Bikin Kamu Boros, Simak Yuk! Foto: Getty Images/iStockphoto/gerenme

"Saya telah belajar bahwa menghemat uang di dapur bukan tentang apa yang dibeli, tetapi bagaimana membelinya," kata Justin Bailey, salah satu pendiri Vimvest, aplikasi perencanaan keuangan. .

Ternyata, membeli sayuran dalam bentuk utuh akan jauh lebih hemat dibandingkan dengan sayuran yang sudah dikemas untuk sekali masak. Sayuran dalam bentuk utuh lebih memungkinkan untuk disimpan atau diolah menjadi beberapa variasi menu lain.

2. Salah Menyimpan Bahan

"Kebanyakan orang tidak tahu cara menyimpan makanan mereka dengan benar dan itu menyebabkan bahan makanan lebih cepat rusak," kata Alma.

Hal yang harus diperhatikan ketika menyimpan bahan makanan adalah kelembaban. Sebisa mungkin gunakan wadah kedap udara atau bungkus bahan makanan dengan kertas atau apapun yang bisa menyerap air.

Baca Juga: 5 Trik Hemat Belanja Mingguan Agar Kantong Tak Jebol

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com