Kuliner China di Bekasi

Jajanan Khas Pecinan yang Legendaris hingga Restoran Modern

Devi Setya - detikFood Senin, 25 Jan 2021 19:00 WIB
kue keranjang Foto: iStock
Jakarta -

Kawasan pecinan di Bekasi memang tidak sepopuler di Jakarta, Bogor atau Tangerang. Tapi di Kota Patriot ini juga ada banyak pilihan kuliner China yang sayang untuk dilewatkan.

Di Bekasi, ada klenteng tua Hok Lay Kiong yang kabarnya sudah berdiri sejak abad ke-18 atau sekitar 350 tahun lalu. Di sekitar klenteng ini juga dikenal sebagai kawasan pecinan karena banyak masyarakat etnis China yang tinggal dan menetap di sini.

Pusat kuliner pecinan di Bekasi terdapat di kawasan Jalan Mayor Oking atau dikenal dengan sebutan Pasar Proyek, Margahayu, Bekasi Timur. Di sini para pemburu makanan China bisa memanjakan lidah dengan makanan enak. Setiap pagi hari, kawasan ini jadi tempat ideal untuk kulineran.

Pecinan Jakarta.Jajanan Khas Pecinan yang Legendaris hingga Restoran Modern. Foto: (danielkh07/d'Traveler)

Masyarakat keturunan China yang tinggal di kawasan Pasar Proyek memang tidak terlalu banyak, namun di sinilah pusat 'kampung China' di Bekasi. Berdasarkan catatan sejarah, masyarakat China sudah menetap di kawasan ini sejak tahun 1700-an.

Selain menetap dan membangun komunitas, masyarakat juga mengandalkan pasar sebagai tempat untuk berdagang. Pasar Proyek dulunya merupakan Pasar Lama yang kemudian msngalami renovasi sehingga kini populer dengan sebutan Pasar Proyek.

Di sini masyarakat China mulai berjualan berbagai komoditi harian mulai dari pakaian, makanan hingga kebutuhan rumah tangga lainnya. Sampai saat ini juga masih bisa dijumpai penjual makanan China yang menjajakan kuliner khas negeri Tirai Bambu.

Di pagi hari akan mudah dijumpai penjual pia, choipan, moci, bakcang hingga kue bulan. Tak hanya jajanan, lapak bakmi dan rumah makan China non halal juga bisa dijumpai di sini.

Selain kawasan Pasar Proyek, Kota Bekasi juga menawarkan area wisata kuliner China yang sayang kalau dilewatkan. Beberapa restoran China bisa memanjakan lidah dengan sajiannya yang autentik. Ada yang halal, namun ada juga yang menawarkan makanan non halal dengan campuran daging babi.

Restoran China juga bisa dijumpai di beberapa mal ternama di Bekasi. Kamu tentu bisa menyesuaikan dengan selera dan budget.

Membahas kuliner China, kurang lengkap kalau tak mencicip ragam varian bakmi. Kamu bisa menikmati bakmi halal di banyak tempat di Bekasi, ada juga pangsit rebus yang disajikan dengan kuah kaldu gurih hangat.

Yang sedang mengidam makanan serba babi, di dekat Klenteng Hok Lay Kiong ada rumah makan yang menawarkan sate babi, bakut, daging dan jeroan babi. Soal harga, semua makanan di sini dijamin terjangkau.

Selain makanan China, kamu juga bisa menjajal kuliner lokal Betawi di sini. Nasi uduk sengan semur tahu bisa jadi menu sarapan mantap. Jelang siang, kamu juga bisa menikmati gabus pucung atau pecak gurame di rumah makan Betawi yang banyak tersebar di pusat kota.

Oiya selain jalan dan kulineran, kamu juga bisa membeli pernak-pernik khas China di toko souvenir yang ada di dekat klenteng. Jelang Imlek, pasar ini akan ramai oleh penjual yang menjajakan lampion hingga angpau.

Choipan di SingkawangJajanan Khas Pecinan yang Legendaris hingga Restoran Modern Foto: (Syanti/detikcom)

Mau melihat lebih detail soal kawasan pecinan Bekasi ini? DetikFood akan mengulas secara rinci soal lokasi dan jenis makanan yang bisa jadi pilihan. Berbagai tips dan rekomendasi jajan di kawasan ini juga akan dibahas secara khusus pekan ini.

Jadi terus pantau detikFood agar kamu bisa jadikan kawasan ini sebagai tempat berburu kuliner China enak di Bekasi.



Simak Video "Bikin Laper: Manis Madu Ayam Bakar Satu Ekor Dipadu Sambal Terasi"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com