Muncul di Drama Korea Terbaru Mr. Queen, Begini Cara Bikin Kentang Tornado

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 22 Jan 2021 18:00 WIB
Kentang Tornado Muncul di Drama Korea Mr. Queen, Begini Cara Bikinnya Foto: dok. drama Mr. Queen
Jakarta -

Kentang tornado adalah jajanan kaki lima Korea yang populer. Kentang tornado muncul di drama Korea terbaru 'Mr. Queen'. Bagaimana cara bikinnya?

Kentang tornado biasa juga dikenal dengan sebutan kentang spiral karena bentuknya yang melingkar. Jajanan kaki lima ini jadi salah satu yang populer di Korea.

Biasanya penjual kentang tornado juga menjual corn dog dan twigim (gorengan khas Korea). Jajanan kaki lima ini tak hanya terbuat dari kentang, tapi ada juga yang mengkreasikannya dengan isian sosis.

Kentang Tornado Muncul di Drama Korea Mr. Queen, Begini Cara BikinnyaKentang Tornado Muncul di Drama Korea Mr. Queen, Begini Cara Bikinnya Foto: dok. drama Mr. Queen

Kentang tornado yang merupakan jajanan modern sempat muncul di drama Korea terbaru 'Mr. Queen'. Padahal drama ini menceritakan kisah di kerajaan dinasti Joseon.

Lantas mengapa bisa muncul di drama tersebut? Ini karena sosok Jo Bong Hwan yang merupakan chef di era modern terjebak dalam raga sang ratu Kim So Yong pada dinasti Joseon.

Kentang Tornado Muncul di Drama Korea Mr. Queen, Begini Cara BikinnyaKentang Tornado Muncul di Drama Korea Mr. Queen, Begini Cara Bikinnya Foto: dok. drama Mr. Queen

Saat itu kerajaan sedang membuat acara makan bersama, tapi semua bahan untuk memasak dihancurkan dan diracuni. Akhirnya sang ratu turun tangan dan membuat hidangan kentang tornado. Tapi, kentang tornado itu dibuat secara tradisional.

Baca Juga: Drama Korea Terbaru 'Mr. Queen' Menampilkan Nasi Gukbap, Ini Faktanya

Bagaimana cara membuat kentang tornado ala drama Korea Mr. Queen? Simak tipsnya berikut ini:

1. Menggunakan Pisau

Kentang tornado yang banyak dijual pada jajanan kaki lima Korea biasanya menggunakan mesin otomatis. Jadi, kentang tinggal dimasukkan ke dalam mesin. Kemudian, hasilnya kentang akan terpotong dalam bentuk melingkar.

Tapi kentang ini juga bisa dibentuk secara manual menggunakan pisau. Tentu saja pisau yang digunakan harus tajam. Kemudian, kentang diiris melingkar.

Teknik mengirisnya juga jangan sampai terputus. Agar kentang tornado memiliki bentuk cantik ketika direnggangkan dan ditusuk dengan tusuk sate berukuran besar.

Kentang Tornado Muncul di Drama Korea Mr. Queen, Begini Cara BikinnyaKentang Tornado Muncul di Drama Korea Mr. Queen, Begini Cara Bikinnya Foto: iStock

2. Cara Menggoreng

Kentang tornado harus digoreng menggunakan teknik deep fried. Berupa teknik menggoreng bahan makanan di dalam minyak yang panas dan banyak. Teknik ini digunakan agar kentang matang secara merata dan hasilnya renyah.

Kalau tak memiliki alat khusus untuk deep fried, kamu bisa menggunakan panci, lalu isi minyak sampai hampir penuh. Kemudian, panaskan minyak terlebih dahulu.

Setelah minyak panas, barulah masukkan kentang tornado yang sudah ditusuk. Masak sampai kentang tornado berubah warna menjadi cokelat keemasan. Setelah matang, angkat dan tiriskan menggunakan tisu dapur.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Drama Korea yang Curi Perhatian di Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com