5 Fakta Karir Chef Juna yang Positif Covid-19, Jadi Pilot di Amerika dan Juri Masterchef

Devi Setya - detikFood Jumat, 22 Jan 2021 13:00 WIB
5 Fakta Karir Chef Juna, Jadi Pilot di Amerika hingga Juri Masterchef Foto: instagram @junarorompadeyofficial
Jakarta -

Chef Juna positif terpapar corona. Chef yang dikenal galak ini punya kisah karir menarik. Pernah menjadi pilot hingga didapuk jadi juri Masterchef Indonesia.

Pemilik nama lengkap Juna Rorimpandey ini dikenal sebagai praktisi kuliner sekaligus juri MasterChef dengan pembawaan yang galak. Meskipun demikian, Chef Juna tetap banyak memiliki fans. Apalagi dengan parasnya yang ganteng, pembawaan yang cool serta bentuk tubuh atletis.

Di balik sosok Juna yang sadis dan galak, ternyata pria asli Manado ini punya perjalanan sangat panjang sebelum akhirnya intens di dunia kuliner. Chef Juna bahkan memiliki sertifikat untuk menerbangkan pesawat, dan yang tak kalah penting ternyata Chef Juna pernah menikah dengan wanita Amerika.

Beberapa fakta ini dibeberkan secara gamblang oleh Chaf Juna sendiri lewat beberapa rangkaian wawancara di podcast Deddy Corbuzier dan Youtube Chef Arnold.

Berikut fakta unik soal Chef Juna.

1. Mengaku sebagai anak nakal

Jauh sebelum fokus menjalani dunia kuliner, Juna muda ternyata seorang remaja nakal. Hal ini diakuinya sendiri lewat podcast dengan Deddy Corbuzier. Dalam obrolan berdurasi 1 jam ini juga Juna mengaku berasal dari keluarga broken home.

"Gue dari broken home family, bandel gue, punya geng motor," ungkap Juna.

Namun pikirannya terbuka kala ia bangun pagi dan membayangkan masa depannya. "Bangun pagi, cuci muka, itu kan saat lo jadi diri sendiri. Gue bilang sama diri gue, nggak bisa begini terus," lanjut Juna.

Di kesempatan itu juga sang ibu yang bekerja di perusahaan agen travel menginformasikan kalau ada pameran pendidikan untuk di luar negeri. Juna pun tertarik mendatangi pameran ini.

2. Nekat ke Amerika untuk belajar jadi pilot

5 Fakta Karir Chef Juna, Jadi Pilot di Amerika hingga Juri Masterchef5 Fakta Karir Chef Juna, Jadi Pilot di Amerika hingga Juri Masterchef Foto: instagram @junarorompadeyofficial

Setelah mendatangi pameran pendidikan, Juna tetarik pada sekolah pendidikan pilot di Amerika. Ia tergoda dengan penghasilan setelah menjadi pilot, fasilitas tempat tinggal selama pendidikan serta akan mendapatkan sertifikat izin terbang.

Dengan iming-iming ini, Juna nekat menjual motor Harley Davidson miliknya agar bisa mengikuti sekolah ini. "Jual motor Harley, berangkat ke Amerika, nggak ada yang tahu kecuali ibu gue, sister gue dan bokap angkat gue," kata Juna.

Sekolah yang dibayangkan akan menyenangkan ini ternyata jauh dari ekspektasi karena Juna harus menetap lebih lama untuk menyelesaikan pendidikannya.


3. Pernah mengais sampah demi bisa makan


Chef Juna menampik keras orang yang menganggapnya berasal dari keluarga kaya. Saat di Amerika bahkan Juna pernah mengais tempat sampah agar bisa makan.

Bukan menyantap makanan dari tempat sampah, Juna mencoba mencari uang logam recehan untuk bisa membeli makanan murah. "Pertamanya gue ngorek sampah buat cari sisa rokok, karena gue kan saat itu masih ngerokok dan banyak rokok yang baru setengahnya dipakai. Dari situ juga gue cari duit logam sen," beber Juna.

Saking tak punya uang, logam sen yang dikumpulkan dari tempat sampah ini digunakan untuk membeli burger paling murah. "Beli burger paling murah pakai uang yang dicari di tempat sampah, ini sampe mati gue nggak akan lupa," ujar Juna.

4. Kerja sebagai pelayan resto

5 Fakta Karir Chef Juna, Jadi Pilot di Amerika hingga Juri Masterchef5 Fakta Karir Chef Juna, Jadi Pilot di Amerika hingga Juri Masterchef Foto: instagram @junarorompadeyofficial

Menginjak usia 22 tahun, Chef Juna dtawari kerja sebagai pelayan restoran selama 2 minggu. Ia pun menyanggupinya dan mencoba melakukan yang terbaik di tempatnya bekerja.

Tak sia-sia, selama 2 minggu bekerja ternyata chef di restoran sushi tertarik dengan cara kerjanya yang disiplin dan rapi. Hingga akhirnya Juna mendapat tawaran untuk diajari lebih lanjut soal berbagai teknik mengolah sushi.

Inilah awal karirnya terjun di dunia kuliner. Selama bekerja di dapur resto juga Juna tak selalu berjalan lancar. Banyak 'kekerasan' yang terjadi di area dapur yang tujuannya untuk melatih skill dan mental.

5. Pernah menikah dengan bule Amerika

Berprofesi sebagai praktisi kuliner di Amerika ternyata cukup membuat bule Amerika kepincut. Chef Juna mengaku pernah menikah dengan wanita Amerika yang berprofesi sebagai dokter anastesi di rumah sakit kanker terbaik di dunia.


Sayangnya, pernikahan Chef Juna tak bertahan lama. Mereka memutuskan untuk berpisah karena sama-sama super sibuk dan jarang bertemu satu sama lain. Meskipun demikian, juri MasterChef Indonesia ini mengaku tetap berteman baik dan menjalin komunikasi dengan mantan istrinya.



Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com