10 Makanan Khas Manado yang Gurih dan Manis

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 21 Jan 2021 11:45 WIB
Yuni Nasabah BRI Pembuat Ikan Asap Cakalang

Yuni bersama suami membuat ikan cakalang asap di Desa Tembal, Labuha, Halmahera Selatan. Yuni adalah nasabah BRI yang menggunakan fasilitas Kredit Usaha Rakyat. Jika berkesempatan datang ke Halmahera Selatan, jangan lupa mencicipi kuliner ikannya. Salah satunya kuliner ikan fufu yakni ikan asap cakalang.

Desa Tembal merupakan pusat produksi ikan asap di Halmahera Selatan. Sejumlah rumah produksi ikan fufu bertebaran di sana.

Pengolahan ikan fufu relatif sederhana. Ikan hanya diasapi di bawah tungku persegi empat yang besar. Asapnya yang akan mematangkan daging ikannya.

Jika ingin dibawa pulang sebagai oleh-oleh, waktu pengasapan ikan fufu lebih lama lagi. Ikan diasapi maksimal 10 jam agar lebih kering sehingga bisa awet selama 3-4 hari.

Satu ekor ikan fufu dijual Rp 20 ribu untuk ukuran kecil. Sedangkan, ikan fufu ukuran besar dijual dengan harga Rp 25 ribu per ekor.

Ikan Fufu Favorit Pejabat Bacan yang Datangkan Untung Jutaan 
Ikan Fufu jadi salah satu oleh-oleh yang paling dicari wisatawan saat berkunjung ke Labuha, Pulau Bacan. Ikan fufu memang layak di cari selain namanya unik, ikan fufu juga mempunyai rasa yang nikmat.
Sebagai informasi, ikan fufu adalah ikan cakalang/ikan tuna/ikan tongkol berukuran besar yang diolah dengan diasapi. 
Asapnya berasal dari pembakaran batok kelapa sehingga menghasilkan tekstur daging yang tidak terbakar sempurna namun matang dan dagingnya padat dan tebal serta tidak hancur. 
Soal rasa, biasanya ikan Fufu ini disajikan dengan sambal dabu matah yaitu sambal yang terdiri dari bawang, tomat, dan cabai dan perasan jeruk nipis.  
Yani (30) adalah salah satu penjual ikan fufu yang tersohor seantreo Bacan. Betapa tidak, dalam sehari dia mampu menjual 30 sampai 100 ekor dengan harga bervariasi mulai dari Rp 30 sampai Rp 35 ribu. 
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Makanan khas Manado memang menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang berkunjung ke sana. Memadukan aneka rempah yang khas, makanan khas Manado selalu cocok di lidah banyak orang.

Ke Manado tentu tak lengkap rasanya jika tak mencicip sajian kulinernya. Akan tetapi jika tak sempat ke sana, beberapa daerah seperti Jakarta, Bandung hingga kota besar lainnya juga memiliki restoran khas Manado yang enak.

Lalu apa saja sih makanan khas Manado yang enak?

1. Tinutuan

Makanan khas Manado yang terkenal enak salah satunya adalah tinutuan. Tinutuan adalah bubur Manado yang memiliki rasa gurih. Terbuat dari campuran sayuran hijau kemudian dimasak dengan bubur beras dan labu kuning. Sangat cocok disantap sebagai sarapan. Enak dinikmati dalam keadaan hangat.

TinutuanTinutuan Foto: detikfood

2. Cakalang fufu

Ikan cakalang atau tongkol putih yang diasapi dan dijepit dengan kerangka bambu. Ikan cakalang khas Manado ini sangat enak diolah dengan kuah santan yang pedas. Cakalang fufu banyak dijual di pasar-pasar tradisional Manado. Bisa juga dimasak dengan cara ditumis dan dipadu dengan sambal pedas.

3. Sambal roa

Sambal roa dibuat dari campuran cabe yang dicampur dengan ikan roa (sejenis ikan terbang) yang diasapi hingga kering. Kemudian ikan roa dicampur dengan cabe yang sudah ditumbuk halus lalu dimasak dengan sedikit minyak hingga kering.

Bumbu sambal yang digunakan ada cabe rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, garam serta gula yang sudah ditumis hingga matang.

ayam wokuayam woku Foto: Istimewa

4. Woku belanga


Makanan khas Manado yang terkenal lainnya adalah woku belanga. Woku belanga ini seharusnya dimasak dalam belanga yang terbuat dari tanah liat. Woku merupakan campuran bumbu daun jeruk, daun pandan, daun kunyit, daun serai serta kemangi. Aromanya gurih sedap dengan sensasi pedas.

Bahan utama yang sering dijadikan sebagai sajian woku adalah ayam dan ikan.

5. Es brenebon

Es brenebon adalah salah satu minuman enak yang berasal dari Manado. Es brenebon atau es kacang merah ini disajikan dengan es serut di dalam mangkuk dan kacang merah rebus, susu kental manis, serta gula merah cair. Es brenebon juga dapat dicampurkan dengan buah-buahan seperti alpukat.

Cita rasa es brenebon sangat segar karena adanya es serut yang melimpah. Paling nikmat disantap saat siang hari.

Panada MantapPanada Mantap Foto: dok.detikFood/Dewi Anggraini

6. Panada

Panada menjadi salah satu camilan enak khas Manado. Panada juga merupakan roti goreng berisi ikan cakalang asap ini memang enak. Ikan cakalangnya bertekstur seperti abon kemudian diberi bumbu pampis yang gurih pedas.

7. Klappertaart

Klappertaart ialah dessert khas Manado yang enak. Dibuat dari kelapa muda, tepung terigu, susu, mentega dan telur. Klappertaart atau kue kelapa ini diolah dengan roti tawar yang dipotong kecil kemudian dipanggang sehingga menghasilkan tekstur kue yang padat.

8. Gohu

Gohu yang jadi makanan khas Manado ini dibuat dari daging buah pepaya kemudian dicampur dengan cuka, air, cabe yang dihaluskan, gula aren, bakasang dan jahe. Rasa pedas dari kombinasi cabe dan jahe serta rasa asam dari cuka yang berpadu dengan rasa manis.

gohu pepayagohu pepaya Foto: Detikfood/Getty Images

9. Sambal dabu-dabu

Orang Manado punya beberapa jenis sambal, tidak hanya sambal roa tetapi juga sambal dabu-dabu. Potongan tomat dan cabai yang berpadu dengan bumbu enak dan cocok jadi paduan teman makan ikan bakar.

10. Kue lampu-lampu

Kue lampu-lampu punya tekstur lembut yang terbuat dari tepung beras. Kue lampu-lampu diolah dengan air daun suji, gula pasir, tepung beras, santan kelapa. Adonan tersebut kemudian dituangkan ke dalam cetakan yang terbuat dari daun pandan. Gula merah yang sudah disisir halus ditaruh di bawah kue dan meleleh setelah dikukus.

Itulah aneka makanan khas Manado yang enak. Kamu suka yang mana?



Simak Video "Bikin Laper: Kenikmatan Nasi Bakar Cakalang yang Unik"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
e-Life
×
Kenapa Kau Paksa Aku Aborsi, Sayang?
Kenapa Kau Paksa Aku Aborsi, Sayang? Selengkapnya