Bubur Ayam Mantul

Bubur Bakar, Sensasi Baru Makan Bubur Ayam yang Ngehits

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 16 Jan 2021 13:00 WIB
Bubur Bakar, Sensasi Baru Makan Bubur Ayam yang Ngehits Foto: Instagram
FOKUS BERITA Bubur Ayam Mantul
Jakarta -

Bubur bakar muncul sebagai cara baru untuk menikmati bubur ayam. Sesuai namanya, bubur ini melalui proses pembakaran sebelum disajikan.

Biasanya orang menikmati bubur ayam langsung di mangkok dengan tambahan topping sesuai selera, tapi kini muncul cara-cara baru untuk menikmati bubur ayam.

Misalnya bubur goreng dimana bubur polos akan dimasukkan ke dalam wajan untuk 'digoreng' sebentar.

Pelengkapnya adalah telur, irisan sayuran, dan bumbu gurih serupa bumbu nasi goreng. Bubur lalu diaduk-aduk sampai tercampur rata.

Lalu ada juga bubur bakar, bubur akan dibakar sesaat sebelum disajikan. Cara baru makan bubur ini berhasil menarik perhatian banyak orang.

Bubur Bakar yang Unik di SoloBubur Bakar, Sensasi Baru Makan Bubur Ayam yang Ngehits Foto: dok. detikFood / Kartika Bagus

Bubur bakar pertama kali populer di Solo, Jawa Tengah. Namanya Bubur Bakar Badran yang berlokasi di Jalan Hasanudin No. 40, Laweyan.

Kepada detikfood (17/8/20), Adi Kurniawan selaku peracik bubur bakar mengatakan konsep bubur bakar ialah menggabungkan antara bubur Jawa dan bubur Chinese.

Di sini bubur ditaruh dalam clay pot lalu dipanasi selama 15 menit di atas kompor. Bubur bakar diberi beragam pilihan topping seperti telur pitan,daging asap, telur pitan, ikan cakalang asap, sampai sambal cumi.

Bubur Bakar Badran banyak dicari untuk sarapan. Buka mulai pukul 06.30 pagi, racikan bubur seharga Rp 15 ribu ini bisa sudah habis pukul 09.00 pagi.

Baca Juga: Bubur Bakar, Sarapan Mantap Penuh Gizi di Kampung Badran

Selain di Solo, ada juga bubur bakar di Tegal. Namanya Bubur Bakar Artomoro yang mengklaim diri sebagai penjual bubur bakar pertama di Tegal.

Bubur Bakar, Sensasi Baru Makan Bubur Ayam yang NgehitsBubur Bakar, Sensasi Baru Makan Bubur Ayam yang Ngehits Foto: Instagram

Di sini bubur ditaruh di atas clay pot lalu dibakar di atas arang sehingga aromanya lebih harum. Uniknya, bubur bakar disirami saus Mongolian yang pedas manis.

Untuk pelengkapnya ada suwiran ayam, bawang goreng, dan telur setengah matang. Harganya mulai dari Rp 10 ribu. Bubur Bakar Artomoro berlokasi di Jalan Semeru Nomor 28.

Kepopuleran bubur bakar kini juga sudah sampai ke Jabodetabek. Di Tangerang, misalnya, ada Bubur Bakar Kobar yang berlokasi di Jl. Pawon Raya Blok B4 No.1 Bencongan Indah Kelapa Dua.

Seporsi bubur bakar disajikan dalam clay pot. Pelengkapnya ada cakwe, kacang kedelai goreng, jagung, daun bawang, dan pangsit.

Supaya makin enak, bubur bakar juga bisa ditambahkan topping. Ada pilihan sosis, smoked beef, dan beef patty di sini.

Bubur Bakar, Sensasi Baru Makan Bubur Ayam yang NgehitsBubur Bakar, Sensasi Baru Makan Bubur Ayam yang Ngehits Foto: Instagram

Terakhir, ada Bubur Bakar Mas Raden yang berlokasi di Depok, tepatnya di Jalan Asmawi Nomor 29, Beji.

Bubur bakar di sini juga disajikan di clay pot lalu dengan pelengkap suwiran ayam, cakwe, kedelai goreng, daun bawang, seledri, dan bawang goreng.

Juga jagung manis yang menghadirkan tekstur renyah manis. Harga per porsi bubur bakar hanya Rp 10 ribu. Kamu tertarik coba?

Baca Juga: 5 'Sekte' Makan Bubur Ayam Nyeleneh, Digoreng hingga Dibakar

(adr/odi)
FOKUS BERITA Bubur Ayam Mantul

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com