Bubur Ayam Mantul

5 'Sekte' Makan Bubur Ayam Nyeleneh, Digoreng hingga Dibakar

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 12 Jan 2021 14:30 WIB
Di New York Ada Bubur Goreng dan Indomie Ketoprak Foto: twitter @pinotski
FOKUS BERITA Bubur Ayam Mantul
Jakarta -

Cara makan bubur ayam sering diperdebatkan. Bahkan muncul beberapa 'sekte' yang cukup nyeleneh. Ada yang disedot, digoreng, hingga terbaru tren bubur dibakar.

Bubur ayam adalah makanan yang biasa dijual di kaki lima dan banyak penggemarnya. Rasa bubur yang gurih dan hangat, jadi santapan nikmat saat sarapan atau makan malam.

Cara menikmati bubur ayam juga sangat beragam. Bahkan sering diperdebatkan oleh penikmatnya. Paling populer tim bubur diaduk dan tidak diaduk.

Untuk tim bubur diaduk, cara makan ini adalah yang paling nikmat. Karena, semua rasa tercampur merata. Namun, tim bubur tidak diaduk beranggapan kalau bahan pelengkap bubur lebih enak disantap saat masih utuh.

Selain dua 'sekte' bubur ayam tersebut, ada 5 lainnya yang cukup nyeleneh. Apa saja?

1. Bubur Disedot

bubur ayam disedotbubur ayam disedot Foto: detikom

Kemunculan sekte bubur disedot sempat menghebohkan netizen. Pasalnya mereka baru mengetahui adanya sekte tersebut. Layaknya minuman, bubur dimasukkan ke dalam plastik bening berukuran 1-2 liter.

Tak hanya buburnya saja, melainkan semua bahan pelengkap juga ikut dimasukkan. Seperti ayam suwir, kacang kedelai, bawang goreng, seledri cincang, kecap manis, bumbu, sambal, hingga kerupuk. Setelah itu, bubur ditambahkan sedotan dengan diameter lubang yang cukup besar.

Banyak netizen beranggapan kalau bubur disedot praktis. Tapi, ketika detikFood praktikkan bubur tidak bisa disedot karena tekstur bubur yang kental. Mungkin kalau bubur yang digunakan encer, bisa masuk ke dalam sedotan.

Baca Juga: Masih Berdebat Bubur Diaduk atau Tidak? Ini Sekte Baru, Bubur Disedot!

2. Topping Dipisah

sekte bubur dipisahsekte bubur dipisah Foto: Twitter @foodfess2

Topping dipisah adalah sekte bubur lainnya. Sekte bubur ini sepertinya pas untuk mereka yang masuk ke dalam tim bubur tidak diaduk. Karena, mereka bisa menikmati bubur serta bahan pelengkap (topping) tanpa dicampur.

Sekte bubur topping dipisah ini diperkenalkan seorang netizen di akun Twitter @foodfess2. Dalam gambar terlihat semangkuk bubur polos yang diberikan bumbu, serta mangkuk lainnya berisikan aneka topping bubur.

Sekte bubur ini ternyata mendapatkan tanggapan positif dari netizen. Karena mereka bisa mencampur bubur dengan bumbunya, seperti kuah kuning, kecap, sambal, dan merica. Tapi mereka juga tetap bisa merasakan setiap topping yang disajikan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
FOKUS BERITA Bubur Ayam Mantul
FOKUS BERITA Bubur Ayam Mantul

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com