Diterbangkan 482 Km ke Luar Angkasa, Samosa Ini Jatuh di Prancis

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 15 Jan 2021 16:30 WIB
Diterbangkan 482 Km ke Luar Angkasa, Samosa Ini Jatuh di Prancis Foto: YouTube Chaiwalla
Jakarta -

Restoran asal Inggris berhasil terbangkan samosa ke luar angkasa dengan balon udara sejauh 482 km. Menempuh jarak Inggris-Perancis, samosa jatuh di Prancis.

Samosa merupakan makanan asal Asia Tengah, tepatnya India dan beberapa negara Timur Tengah. Samosa merupakan gorengan mirip pastel yang terbuat dari adonan terigu berbentuk segitiga diisi dengan sayuran ataupun daging.

Di negara asalnya, samosa biasanya disajikan sebagai camilan atau hidangan pelengkap saat makan. Samosa juga terkadang disajikan untuk suguhan tamu.

Pamor samosa tidak hanya pada negara Asia Tengah dan beberapa negara Timur Tengah saja. Samosa sudah sangat mendunia dan banyak penggemarnya.

Diterbangkan 482 Km ke Luar Angkasa, Samosa Ini Jatuh di PrancisDiterbangkan 482 Km ke Luar Angkasa, Samosa Ini Jatuh di Prancis Foto: YouTube Chaiwalla

DI Inggris, ada sebuah restoran yang dikenal dengan kelezatan samosanya di seluruh penjuru selatan Birmingham. Restoran ini merupakan restoran yang menyajikan masakan khas India bernama Chai Walla di Bath, Inggris.

Baru-baru ini sesuatu yang mengejutkan dilakukan oleh CHai Walla. Chai Walla menerbangkan samosanya dengan balon udara helium dan pantauan kamera GoPro sejauh 300 mil atau 482 km.

Mengutip dari Food and Wine (13/1), pemilik Chai Walla, Niraj Gadher, memberikan ide ambisius untuk mengirim salah satu samosanya ke luar angkasa. Gadher mengumpulkan semua peralatan yang diperlukan dan mencoba mengirimkan samosanya ke luar angkasa.

Diterbangkan 482 Km ke Luar Angkasa, Samosa Ini Jatuh di PrancisDiterbangkan 482 Km ke Luar Angkasa, Samosa Ini Jatuh di Prancis Foto: YouTube Chaiwalla

"Saya membuat lelucon, bahwa saya akan mengirim samosa ke luar angkasa dan kemudian saya berpikir ide ini bisa menjadi hiburan di masa-masa sulit seperti sekarang," kata Gadher.

Berkat balon udara helium, pelacak GPS, dan kamera GoPro, Chai Walla dapat membuat ide pemiliknya menjadi kenyataan. Percobaan ini dilakukan tak lain untuk menghibur para penggemar samosa khas Chai Walla. Gadher ingin setidaknya sedikit menghibur para pelanggan setianya dan membawa sedikit kebahagiaan melalui hal konyol ini.

Gadher dan beberapa temannya menyiapkan paket-paket kecil yang merupakan bungkusan samosa dari restorannya. Kemudian paket-paket tersebut dibawa menuju ke lapangan terbuka dan bersiap untuk peluncuran gorengan segitiga itu.

Pada percobaan pertama, balon yang digunakan terbang sebelum mereka menempelkan makanan. Pada percobaan kedua, ternyata balon kekurangan helium yang membuatnya tidak bisa terbang ke langit. Tetapi pada ketiga kalinya, semuanya berhasil sesuai apa yang telah mereka rencanakan.

Diterbangkan 482 Km ke Luar Angkasa, Samosa Ini Jatuh di PrancisDiterbangkan 482 Km ke Luar Angkasa, Samosa Ini Jatuh di Prancis Foto: YouTube Chaiwalla

Paket samosa itu terbang cukup tinggi bahkan pada pantauan GoPro terlihat pesawat yang lewat. Ketinggian ini membuat kekacauan sinyal GPS balon udara samosa itu.

Akibat kekacauan GPS tersebut, Gadher kehilangan kontak pelacakan posisi balon udara samosa mereka dalam semalam. Tetapi kemudian muncul data yang mengkonfirmasi bahwa samosa telah berhasil melewati Selat Inggris sebelum jatuh kembali ke bumi di suatu tempat bernama Caix, Perancis.

Tim Chai Walla mulai mengirim pesan kepada pengguna Instagram yang mereka kenal di Prancis yang tinggal di dekat lokasi pendaratan. Pria ini bernama Axel Mathon berdiam dekat tempat samosa mendarat.

Diterbangkan 482 Km ke Luar Angkasa, Samosa Ini Jatuh di PrancisDiterbangkan 482 Km ke Luar Angkasa, Samosa Ini Jatuh di Prancis Foto: YouTube Chaiwalla

"Pada awalnya saya benar-benar berpikir itu sampah dan saya mencoba membuka. Kemudian dia (Gadher) mengirimi saya video yang menjelaskan seluruh cerita kepada saya," kata Mathon.

Mathon kemudian mampu memulihkan GPS dan kamera pengamat yang dipasangkan. Tetapi beberapa hewan lokal menyerang bungkusan samosa. Mathon cukup penasaran membuatnya dan mencari hal lain yang bisa ia temukan disekitar paket tersebut selama 1 jam.

"Benar-benar saya tidak bisa percaya. Ketika saya melihat ke atas, saya melihat balon helium meledak di pepohonan, dan saya menemukan kotak polystyrene yang terbungkus dengan baik ini. Itu seperti perburuan harta karun. Menurut saya, ini gila!" kata Mathon.



Simak Video "Bikin Laper: Review Ayam Goreng-Samosa Buatan UMKM"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com