Bubur Ayam Mantul

Bubur Manado, Bubur Sayuran Segar yang Kaya Nutrisi

Devi Setya - detikFood Jumat, 15 Jan 2021 13:00 WIB
tinutuan, bubur manado untuk sarapan Foto: Instagram @dapurkeke12
FOKUS BERITA Bubur Ayam Mantul

4. Kreasi bubur Manado

Bubur Manado juga kerap dicampur dengan midal atau miedal. Yakni sajian bubur Manado yang ditambahkan mie kuning. Midal banyak dihidangkan di kawasan Minahasa Selatan.

Selain midal, ada juga bubur Manado yang dicampur sup kacang merah atau brenebonen. Bubur satu ini lebih istimewa karena selain kacang merah, biasanya masyarakat juga mencampur tetelan sapi sehingga rasanya makin gurih. Hidangan satu ini kerap disajikan pada acara spesial misalnya saat upacara menyambut tamu.


5. Hidangan saat upacara adat


Lebih dari sekedar menu sarapan, bubur Manado juga jadi hidangan yang tak pernah absen saat ada gelaran upacara adat atau hari besar keagamaan. Oleh masyarakat komunitas Kristen di Manado, bubur ini diolah dengan campuran kaki babi.

Hidangan ini hanya dibuat saat akan menggelar syukuran yang dikenal dengan tradisi Tumpah Makan. Bagi masyarakat Muslim, bubur Manado dijadikan menu favorit untuk berbuka puasa saat bulan Ramadhan.

Bubur Manado juga jadi pilihan makanan sehat karena terdiri dari campuran sayuran. Para vegetarian kerap menjadikan bubur ini sebagai makanan pilihan.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Masak Masak: Resep Bubur Manado Sambal Roa"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)
FOKUS BERITA Bubur Ayam Mantul
FOKUS BERITA Bubur Ayam Mantul

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com