Bubur Ayam Mantul

Ini Beda Bubur Ayam Cirebon, Bandung, hingga Sukabumi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 13 Jan 2021 17:30 WIB
bubur ayam mang h. oyo Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Bubur Ayam Mantul
Jakarta -

Bubur ayam di Indonesia ada banyak jenisnya. Beberapa yang terkenal adalah bubur ayam khas Cirebon, Bandung, dan Sukabumi. Apa perbedaannya?

Jadi makanan favorit di Indonesia, bubur ayam ternyata ada banyak jenisnya. Sering kali pencinta bubur ayam bahkan belum tahu jenis-jenis bubur ayam dari berbagai daerah.

Sekilas tampilan bubur ayam ini terlihat sama saja, apalagi untuk bubur ayam Cirebon, Cianjur, dan Sukabumi. Sama-sama memakai topping ayam, cakwe, hingga kerupuk, namun ada perbedaan mendasar antara ketiganya.

Sementara bubur ayam dari Bandung mudah dikenali karena tampilannya yang polos. Jenis bubur ini tidak memakai tambahan kuah kaldu.

Ada juga bubur ayam khas Betawi yang belum banyak orang tahu. Bubur ayam ini unik karena menggabungkan tiga makanan sekaligus.

Berikut detikfood merangkum beda bubur ayam khas Cirebon, Bandung, hingga Sukabumi. Pencinta bubur ayam perlu tahu nih!

1. Bubur ayam Cirebon

Ini Beda Bubur Ayam Cirebon, Bandung, hingga SukabumiIni Beda Bubur Ayam Cirebon, Bandung, hingga Sukabumi Foto:detikfood

Bubur ayam Cirebon bisa dibilang jenis bubur ayam yang paling banyak dijajakan di Jakarta, termasuk oleh penjual bubur ayam gerobakan di kaki lima.

Racikan bubur ayam Cirebon terdiri dari bubur nasi, kuah kaldu gurih, dan ragam topping. Seperti kerupuk kanji, emping, suwiran ayam, kacang kedelai goreng, bawang goreng dan seledri.

Pembeli juga bisa menambah sate usus, ati ampela, hingga telur puyuh untuk menambah kelezatan semangkuk bubur ayam Cirebon. Bubur Cirebon tidak memakai irisan cakue sebagai topping.

Soal cita rasa, bubur nasinya saja sudah gurih karena penjual biasanya menambahkan kaldu ayam atau garam. Ada juga yang menambahkannya dengan bawang putih dan garam. Tiap penjual punya resepnya sendiri.

Lalu untuk kuah kaldunya dibuat dari air rebusan ayam yang ditambahkan bumbu kunyit hingga warnannya kekuningan. Selain itu buburnya dimasak dengan kaldu ayam sehingga agak kecokelatan dengan rasa gurih mantap.

Baca Juga: Hangatkan Perut dengan Semangkuk Bubur Cirebon yang Kental

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
FOKUS BERITA Bubur Ayam Mantul
FOKUS BERITA Bubur Ayam Mantul

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com