Dituding Sajikan Nasi Basi Buat Tahanan, Sipir Ini Pamerkan Menu Enak

Devi Setya - detikFood Selasa, 12 Jan 2021 16:00 WIB
Dituding Sajikan Nasi Basi Buat Tahanan, Sipir Ini Pamerkan Menu Enak Foto: tiktok @fajarguntoro
Jakarta -

Banyak orang penasaran dengan menu makanan untuk para tahanan di penjara. Bahkan tak sedikit yang mengklaim kalau para tahanan diberi makan nasi basi. Benarkah?

Menjawab ribuan pertanyaan dari netizen, seorang sipir yang bertugas di Lapas Tarakan, Kalimantan menunjukkan menu makanan untuk tahanan. Petugas lapas bernama Fajar Guntoro ini mengunggah video yang sekaligus menjadi jawaban untuk pertanyaan netizen soal menu makanan para tahanan penjara.

Fajar mengatakan dalam sehari, para tahanan diberi makan tiga kali yakni pagi, siang dan sore. Menunya juga berganti setiap waktu makan. Ia menegaskan, tidak ada makanan atau nasi basi yang diberikan untuk tahanan. Semua dimasak segar setiap hari.

Dituding Sajikan Nasi Basi Buat Tahanan, Sipir Ini Pamerkan Menu EnakDituding Sajikan Nasi Basi Buat Tahanan, Sipir Ini Pamerkan Menu Enak Foto: tiktok @fajarguntoro

Pria berseragam biru muda ini kemudian membuka kotak makan berwarna biru yang isinya nasi, lauk dan sayur. Untuk memastikan makanan dalam keadaan segar, ia juga mencicip nasi dan lauknya ikan goreng.

"Enak, ga ada basi-basinya. Makanan di penjara itu enak-enak, satu minggu sekali itu menunya beda. Kadang daging, ikan, telur, bahkan kalau kami pegawai mau makan juga bisa request. Dan keluarga di luar juga bisa antar makanan buat yang di dalam, gitu," ujar Fajar.

Video ini lantas mendapat banyak perhatian netizen. Banyak netizen yang punya cerita soal keluarga atau teman yang juga mengatakan makanan di penjara enak.

"Boro2 basi, dulu tempat kerja gue, bagian handle catering itu penjara pake jasa buat setahun dan tiap pagi siang malem makanannya beda2 dan enak2," kata netizen.

"Temen aku di penjara kasus narkoba. tapi dia suka update status, makannya nasi Padang, sate, sampe pizza juga woy," sahut netizen lain.

"Hati-hati bang entar pada pengen masuk penjara gara-gara makanannya lebih enak dari pada makanan anak kosan," pungkas netizen.

Dituding Sajikan Nasi Basi Buat Tahanan, Sipir Ini Pamerkan Menu EnakDituding Sajikan Nasi Basi Buat Tahanan, Sipir Ini Pamerkan Menu Enak Foto: tiktok @fajarguntoro

Fajar yang kerap membagikan momen kegiatan di penjara ini juga mendapat pertanyaan dari netizen, apakah bisa tahanan penjara memesan makan lewat aplikasi ojol. Pertanyaan ini pun dijawab lewat video.

"Bang di penjara bisa go food gak bang?" kata netizen.

Fajar kemudian dengan tegas menjawab, para napi di tahanan tidak diperbolehkan memesan makanan dari luar, termasuk memesan lewat aplikasi ojol. "Untuk go food dan grab food gak bisa," tegas Fajar.



Simak Video "Masak Masak: Resep Puding Rujak yang Menyegarkan"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com