ADVERTISEMENT

Bubur Ayam Mantul

2 Cara Masak Bubur Ayam yang Kental Gurih

Odilia WS - detikFood
Rabu, 13 Jan 2021 07:00 WIB
bubur ayam sederhana
Foto: iStock

2. Bubur dari nasi

Untuk menghemat waktu sekaligus memanfaatkan sisa nasi, biasanya dipakai nasi yang sudah matang. Yang paling baik, nasi yang pulen dan tidak terlalu pera untuk dibuat bubur.

Untuk setiap 100 gram atau 150 gram nasi, bisa dimasak dengan 500 ml air. Didihkan air dalam panci anti lengket, kemudian masukkan nasi. Masak dengan api sedang hingga mendidih.

Agar rasanya gurih dan harum aromanya, tambahkan 1 lembar daun salam dan 1 batang serai yang dimemarkan serta 1 sdm kaldu ayam atau kaldu jamur. Masak hingga nasi lembek dan menjadi bubur kental.

Cara ini lebih menghemat waktu meskipun rasa bubur kurang gurih pekat. Jika ingin lebih halus lagi teksturnya, untuk menu orang sakit atau bubur saring, setelah matang dan kental bubur bisa diblender hingga halus.

cara membuat bubur ayam kental dan gurihcara membuat bubur ayam kental dan gurih Foto: iStock

3. Rasa Gurih Kaldu Ayam

Jika ingin rasa bubur lebih gurih alami dan enak. Ganti air dengan kaldu ayam segar. Kaldu ayam bisa dibuat dari tulang-tulang, lemak, sayap, leher ayam yang direbus perlahan hingga menjadi kaldu yang bening lalu saring.

Selain kaldu ayam asli bisa dipakai kaldu ayam instan, bentuk kaldu blok atau bubuk atau kaldu jamur. Jika ada bisa dipilih kaldu ayam atau kaldu jamur tanpa MSG.

4. Menghangatkan Bubur

Bubur nasi sebaiknya disajikan dalam keadaan hangat. Jika bubur nasi sudah dingin bisa dihangatkan kembali. Langsung panaskan kembali bubur dalam panci, jika terlalu kental, tambahkan sedikit air panas, masak dengan api kecil hingga mendidih.

Cara mengahangatkan bubur yang lain adalah dengan cara dikukus. Taruh bubur dalam wadah tahan panas bertutup. Kukus dalam kukusan panas selama 30 menit.

Atau taruh bubur dalam wadah tahan panas untuk microwave, tutup dengan plastic cling dan panaskan selama 3 menit dengan panas sedang.

5. Ayam sebagai topping

Daging ayam sebagai topping bubur ayam bisa dipakai ayam rebus yang disuwir halus atau dipotong-potong kecil. Jika ingin lebih gurih, goreng ayam sebentar hingga bagian luarnya agar kering lalu suwir dagingnya.

Alternatif lain, gunakan daging ayam cincang yang disangrai hingga kering dan diberi bumbu merica dan garam. Daging ayam menjadi lebih garing renyah.

Jeroan ayam seperti hati, ampela dan usus bisa jadi pelengkap. Selain itu telur rebus atau telur pindang dan telur puyuh kecap juga bisa jadian bubur ayam yang enak.



Simak Video "Bikin Laper: Enaknya Kulineran Malam Sambil Makan Bakmi Nyemek"
[Gambas:Video 20detik]

(odi/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT