Bubur Ayam Mantul

2 Cara Masak Bubur Ayam yang Kental Gurih

Odilia WS - detikFood Rabu, 13 Jan 2021 07:00 WIB
bubur ayam sederhana Foto: iStock
FOKUS BERITA Bubur Ayam Mantul
Jakarta -

Bubur beras yang gurih bisa dibuat sendiri dengan mudah. Meskipun hanya beras dan air, ada dua cara yang bisa kamu pilih untuk membuat bubur yang kental enak.

Bubur ayam merupakan salah satu menu sarapan paling favorit. Baik bubur ayam kaki lima atau gerobakan maupun bubur ayam buatan rumah makan. Bahan utamanya bubur nasi atau beras dan ayam rebus berikut pelengkapnya.

Untuk membuat bubur ayam yang enak, perlu disiapkan bubur beras atau nasi yang gurih mantap. Bubur nasi ini kemudian dilengkapi dengan aneka topping dan lauk-pauk.

Jika ingin membuat bubur nasi sendiri, kamu bisa mengikuti dua cara ini. Yang satu dibuat dari beras mentah dan yang satu lagi dibuat dari nasi yang sudah matang. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan.

Berikut ini 2 cara membuat bubur untuk bubur ayam yang gurih mantap.

1. Bubur dari beras

Bubur Ayam TaiwanCara membuat bubur ayam kental dan gurih. Foto: iStock

Kebanyakan orang membuat bubur dari beras yang sudah dicuci bersih. Sebaiknya pilih beras pulen agar saat matang tekstur bubur kental dan creamy atau lembut. Beras jenis rojolele, pandan wangi atau beras menthik bisa jadi pilihan.

Untuk setiap 100 g beras, bisa dipakai 2 liter air untuk merebusnya. Caranya, siapkan panci antilengket jika ada, tuangkan air lalu didihkan. Masukkan beras yang sudah dicuci lalu masak dengan api sedang hingga mendidih.

Sebagai penambah aroma bisa ditambahkan 2 lembar daun salam dan 1 batang serau yang dimemarkan serta 2 sdt garam. Masak terus hingga beras matang, pecah dan mendidih menjadi kental.

Jangan luap aduk sekali-sekali agar tidak lengket di dasar panci. Cara membuat bubur ini lebih lama karena diproses dari beras mentah hingga menjadi nasi dan mengental. Tetapi rasanya lebih gurih dan kental.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Mampir ke Resto Chinese Food yang Nikmat di Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Bubur Ayam Mantul
FOKUS BERITA Bubur Ayam Mantul