Bubur Ayam Mantul

Diadaptasi dari China, Bubur Ayam Kini Jadi Makanan Kaki Lima Favorit

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 11 Jan 2021 19:00 WIB
Bubur Ayam Foto: detikFood
FOKUS BERITA Bubur Ayam Mantul
Jakarta -

Bubur ayam punya sejarah panjang sebelum populer jadi makanan kaki lima di Indonesia. Racikan bubur gurih ini diperkirakan berasal dari China.

Dalam bahasa Inggris, bubur punya dua sebutan yaitu 'porridge' dan 'congee'. Keduanya berbeda dari segi bahan pembuatannya.

'Porridge' merujuk pada bubur versi bule yang dibuat dari oat, gandum, atau kacang-kacangan lainnya. Campurannya ada air, susu, atau keduanya.

Sementara 'congee' adalah jenis bubur nasi yang populer di Asia, termasuk Indonesia. Salah satu varian congee adalah bubur ayam yang kita kenal sekarang.

Pelafalan kata 'congee' dari bahasa Inggris adalah 'kanji' dalam bahasa Indonesia. Uniknya menurut catatan sejarah, kata ini berasal dari bahasa masyarakat Tamil di India yang tulisannya 'kanji'.

bubur ChinaDiadaptasi dari China, Bubur Ayam Kini Jadi Makanan Kaki Lima Favorit Foto: iStock

Baca Juga: Sejarah dan Alasan Kenapa Bubur Pantang Disajikan Saat Imlek

Dikutip dari Food52 (11/1), kata 'kanji' punya dua arti. Bisa merujuk pada bubur dan air di mana nasi telah dimasak. Tapi sebenarnya di mana bubur pertama kali diciptakan?

Banyak sejarawan menduga bubur atau congee aslinya berasal dari China. Penulis buku masak Eileen Yin-Fei Lo mengungkap faktanya.

Ia menduga bubur nasi atau congee sudah ada sekitar tahun 1000 SM, selama dinasti Zhou.

Bubur ini lalu menyebar ke wilayah Asia lainnya. Terbukti kini hampir tiap negara di Asia punya bubur gurih versi mereka sendiri.

dakjuk, bubur ayam KoreaDiadaptasi dari China, Bubur Ayam Kini Jadi Makanan Kaki Lima Favorit Foto: www.koreanbapsang.com

Sebut saja 'okayu' di Jepang, 'juk' di Korea Selatan, hingga 'jok' di Thailand. Tak ketinggalan 'bubur' di Indonesia.

Varian bubur yang banyak dikenal sekarang adalah bubur ayam. Racikan bubur ayam berbeda di beberapa daerah Indonesia.

Hal ini terlihat pada bubur ayam Cirebon, bubur ayam Bandung, Sukabumi, dan bahkan Cianjur. Setiap jenis bubur ayam ini punya penggemar masing-masing

Lalu ada juga bubur daerah di Indonesia yang tidak seperti bubur ayam kebanyakan. Salah satunya bubur pedas khas Kalimantan yang kerap disebut bubbor paddas.

Juga bubur Manado yang identik sebagai bubur sehat. Hal ini lantaran pemakaian banyak sayuran di dalamnya. Semua jenis bubur gurih ini begitu menarik disimak fakta-faktanya.

Di New York Ada Bubur Goreng dan Indomie KetoprakDiadaptasi dari China, Bubur Ayam Kini Jadi Makanan Kaki Lima Favorit Foto: twitter @pinotski

Karenanya pada ulasan kali ini, detikfood akan membahas tuntas seputar bubur ayam dan bubur gurih secara umum di Indonesia.

Informasinya juga akan mencakup bubur goreng yang kini semakin populer di kalangan pencinta bubur ayam. Bubur ini menawarkan cita rasa berbeda karena diolah dengan cara tak biasa.

Lalu kami juga akan memberikan rekomendasi bubur ayam mantul yang bisa kamu coba. Penggemar bubur ayam, jangan sampai ketinggalan informasinya ya!

Baca Juga: Bukan Menu Sarapan, Ini Kisah Unik Dibalik Bubur Ayam HI yang Legendaris

(adr/odi)
FOKUS BERITA Bubur Ayam Mantul

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com