Yuk! Jajan Cireng Isi Kekinian di 5 Tempat Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 10 Jan 2021 15:00 WIB
Yuk! Jajan Cireng Isi Kekinian di 5 Tempat Ini Foto: Instagram cireng.salli
Jakarta -

Cireng yang gurih kenyal cocok jadi camilan akhir pekan. Kalau mau yang istimewa, cobain cireng isi kekinian di 5 tempat ini.

Cireng adalah jajanan khas Jawa Barat yang punya banyak penggemar. Nama cireng punya arti yang unik.

Cireng berasal dari kata "aci digoreng". Ini menandakan bahan pembuatannya, adonan aci atau tepung kanji yang digoreng.

Cireng banyak dijajakan penjual gorengan kaki lima, tapi kini cireng juga mudah dibeli via toko online. Harganya relatif terjangkau.

Varian cireng yang umum adalah yang polos tanpa isian. Cireng kemudian disajikan bersama saus atau sambal cocolan.

Seperti halnya cireng rujak yang sempat viral beberapa tahun lalu. Untuk menikmatinya, adonan cireng polos ini tinggal digoreng dengan tingkat kematangan sesuai selera.

Selanjutnya cireng dicocol ke bumbu rujak yang berwarna kecokelatan. Rasanya manis dan agak pedas.

Selain cireng rujak, ada juga cireng isi yang lebih kekinian. Adonan cireng ini diberi isian sehingga rasanya lebih mantap.

Mulai dari sosis, bakso, suwiran ayam, daging, dan lainnya. Kalau tertarik cicip, beli saja cireng kekinian di 5 toko online ini:

1. Cireng Si Dudut

Yuk! Jajan Cireng Isi Kekinian di 5 Tempat IniYuk! Jajan Cireng Isi Kekinian di 5 Tempat Ini Foto: Instagram cirengsidudut

Cireng Si Dudut populer di Instagram karena menawarkan cireng isi yang bentuknya gendut. Penjualnya berbasis di Bandung, namun melayani pengiriman sampai ke Jabodetabek.

Sekilas tampilan cireng di sini seperti pastel karena bulat dan besar. Untuk isiannya sangat beragam. Ada ati pedas, usus pedas, soss pedas, hingga cireng isi keju mozzarella.

Harga cireng ini Rp 17.500 untuk tiap 5 buahnya. Cireng isi di sini dibuat fresh setiap hari tanpa bahan pengawet dan MSG.

2. Cireng Badag

Yuk! Jajan Cireng Isi Kekinian di 5 Tempat IniYuk! Jajan Cireng Isi Kekinian di 5 Tempat Ini Foto: Instagram cirengbadag

Cireng Badag di Bogor juga menawarkan cireng isi kekinian. Pengirimannya dalam keadaan beku untuk wilayah dalam dan luar kota, termasuk Jakarta.

Untuk menyajikannya, cireng ini paling pas dibelah dua. Sebab isiannya yang royal akan terlihat.

Mengenai pilihan rasanya, Cireng Badag punya rasa ayam pedas, sosis pedas, bakso pedas, ati ampela pedas, ayam oriental, sampai keju. Informasi harga dan pembelian bisa melalui WhatsApp.

3. Cireng Gonjreng

Yuk! Jajan Cireng Isi Kekinian di 5 Tempat IniYuk! Jajan Cireng Isi Kekinian di 5 Tempat Ini Foto: Instagram cirenggonjreng

Siapapun pasti ngiler melihat cireng isi buatan Cireng Gonjeng. Toko online ini punya menu andalan bernama Cimozza.

Cireng berbentuk pastel ini diberi isian ayam pedas dan ditambah keju mozzarella yang mulur gurih. Pembeliannya juga bisa menjangkau luar kota dari Bandung.

Pilihan rasa cireng di sini ada original (tidak pedas), pedas sedang (seuhah), dan lada (pedas total). Juga ada cireng isi kacang ayam pedas.

4. Cireng Salli

Yuk! Jajan Cireng Isi Kekinian di 5 Tempat IniYuk! Jajan Cireng Isi Kekinian di 5 Tempat Ini Foto: Instagram cireng.salli

Dari Bandung, cireng isi kekinian yang bisa kamu beli online juga adalah Cireng Salli. Cireng di sini homemade dan tidak menggunakan bahan pengawet ataupun MSG.

Pilihan isiannya ada 5 yaitu ayam, bakso, keju, kornet, dan sosis. Kemudian bisa pilih level kepedasan dari original, pedas sedang, pedas, dan ekstra pedas.

Camilan cireng isi 5 dijual Rp 22.500 per bungkus. Selain cireng, di sini juga ada bakso soun tulang rangu, minitagor, dan sambal taichan.

5. Dapur Damdam

Yuk! Jajan Cireng Isi Kekinian di 5 Tempat IniYuk! Jajan Cireng Isi Kekinian di 5 Tempat Ini Foto: Instagram dapurdamdam

Dapur Damdam di Tangerang menawarkan ragam camilan, termasuk cireng isi kekinian. Harganya terjangkau sekitar Rp 15.000-18.500 per kemasan.

Pilihan rasanya ada keju, ayam ori, ayam mercon, bakso mercon, dan ayam mercon keju. Tak ketinggalan menu cireng ati ampela mercon yang jadi andalan.

Cireng ini berisi potongan ati ampela yang empuk kenyal. Ditambah sambal yang pedasnya nikmat dan aroma daun jeruk yang bikin ngiler. Pemesanan bisa melalui WhatsApp.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com