ADVERTISEMENT

Laris Manis Saat Pandemi, Daun Kelor Dipercaya Tingkatkan Imunitas

Devi Setya - detikFood
Kamis, 07 Jan 2021 16:00 WIB
Laris Manis Saat Pandemi, Daun Kelor Dipercaya Tingkatkan Imunitas
Foto: Getty Images/iStockphoto/JuanamariGonzalez

2. Kandungan nutrisi daun kelor

Di dalam daun kelor terkandung berbagai nutrisi mulai dari vitamin A, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, zat besi, magnesium dan protein. Tak hanya itu, daun kelor juga mengandung antioksidan dan mineral dalam jumlah tinggi.

Jika dibandingkan dengan sumber makanan lain, daun kelor ini mengandung 4 kali vitamin A wortel, 7 kali vitamin C dalam jeruk, 4 gelas kalsium susu, 3 kali potassium buah pisang, zat besi yang lebih tinggi daripada bayam, dan mengandung protein yang setara dalam 2 porsi yoghurt.

Saat dikonsumsi rutin, daun kelor akan memberi banyak manfaat untuk kesehatan. Daun kelor punya rasa enak sehingga bisa diracik jadi berbagai makanan lezat, olahan kelor paling populer yakni dibuat sayur bening.

3. Obat anti kanker dan masalah jantung

Laris Manis Saat Pandemi, Daun Kelor Dipercaya Tingkatkan ImunitasLaris Manis Saat Pandemi, Daun Kelor Dipercaya Tingkatkan Imunitas Foto: Getty Images/iStockphoto/JuanamariGonzalez

Tanaman kelor terbukti sebagai obat anti kanker. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa benzyl isothiosianat dalam tanaman kelor mampu menginduksi apoptosis terhadap sel kanker ovarium. Kandungan alami dalam daun kelor juga dapat menghabisi pertumbuhan sel kanker pankreas secara bertahap.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Asia Pacific Journal of Cancer Prevention, kandungan asam amino esensial, fitonutrien karotenoid dan antioksidan dalam daun kelor bisa diandalkan sebagai antibakteri alami dan obat anti peradangan.

Daun kelor juga menjadi obat herbal yang diandalkan untuk mengurangi resiko sakit jantung. Sebuah penelitian dari Journal of Medicinal Food yang dilakukan tahun 2009 menyebutkan bahwa pemberian dosis 200 mg daun kelor bubuk per kg berat badan setiap hari selama 30 hari akan menghasilkan lipid teroksidasi dengan tingkat yang lebih rendah, dan bisa melindungi jantung dari kerusakan struktural.



Simak Video "Gelar Lomba Masak Daun Kelor, Istri Gibran: Ada Edukasinya"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT