Tanpa Kedelai, Tempe Bisa Dibuat dengan 5 Kacang Ini

Devi Setya - detikFood Selasa, 05 Jan 2021 13:00 WIB
tips bikin kering tempe renyah Foto: iStock
Jakarta -

Mahalnya harga kedelai membuat para pengrajin tahu dan tempe kompak mogok produksi. Padahal tempe bisa dibuat tanpa mengandalkan kedelai, banyak alternatif jenis kacang lain yang bisa diolah jadi tempe.

Lonjakan harga kedelai impor membuat para produsen tempe menghentikan produksi tempe. Di pasaran pun tempe jadi langka dan sulit ditemui. Kalaupun ada, harganya akan melonjak dan jumlahnya sangat terbatas.

Untuk menyiasatinya, sebenarnya tempe bisa dibuat dengan mengandalkan berbagai jenis kacang selain kedelai. Dilansir dari Badan Litbang Pertanian (5/1) tempe merupakan makanan yang punya prospek bagus. Selain kedelai, tempe juga bisa dibuat dengan berbagai jenis kacang lain.

Balai Besar Litbang Pascapanen Pertanian (BB Pascapanen) melakukan penelitian kemungkinan mengganti bahan dasar tahu dan tempe dengan kacang-kacangan lain. Disamping agar kekurangan produksi kedelai yang terjadi dapat diganti, juga agar kualitas tahu dan tempe lebih meningkat.

Berikut beberapa jenis kacang yang bisa dijadikan pengganti kedelai dalam pembuatan tempe.

1. Kacang hijau

tempeTanpa Kedelai, Tempe Bisa Dibuat dengan 5 Kacang Ini Foto: detikFood

Kacang hijau yang identik diolah jadi bubur ternyata bisa juga dijadikan bahan baku pembuatan tempe. Saat diolah menjadi tempe, kacang hijau mengandung banyak nutrisi mulai dari protein, kalsium dan fosfor. Kandungan lemak dalam kacang ini juga termasuk jenis lemak tak jenuh.

Untuk membuat tempe kacang hijau, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan. Kamu bisa menggunakan kacang hijau kupas agar tampilan tempe bersih dan menarik.

Sebelum diberi ragi tempe, kacang hijau juga harus direbus dahulu hingga empuk dan mengembang. Soal rasa, tempe kacang hijau memiliki rasa enak yang mirip tempe kacang kedelai. Selain dibuat murni, kacang hijau juga bisa dijadikan campuran pada tempe kacang kedelai.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Selain Kedelai, Tempe Juga Bisa Dibuat dari Beragam Biji-bijian"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com