Cegah Covid-19, Thailand Larang Penumpang Pesawat Makan dan Minum

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 04 Jan 2021 16:00 WIB
Thailand Buat Larangan Makan di Pesawat Foto: iStock
Jakarta -

Thailand melarang para penumpang pesawat penerbangan domestik untuk makan dan minum. Hal ini dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Walaupun belum sepenuhnya pulih, tapi maskapai penerbangan dunia mulai berbenah lagi. Demi menekan angka naiknya kasus Covid-19, dalam operasionalnya, ada beberapa protokol yang harus dijalankan maskapai penerbangan.

Seperti yang dilakukan di Thailand dimana pemerintah melarang pihak maskapai untuk menyajikan makanan dan minuman pada penerbangan domestik. Dilansir dari Fox News (1/1), pengumuman ini dikeluarkan oleh Otoritas Penerbangan Sipil Thailand pada 31 Desember 2020 lalu.

Thailand Buat Larangan Makan di PesawatThailand Buat Larangan Makan di Pesawat Foto: iStock

"Konsumsi makanan dan minuman dalam penerbangan akan ditangguhkan," kata Sarun Benjanirat Wakil Direktur Jenderal Otoritas Penerbangan dalam pengumumannya.

Namun hal ini ditoleransikan untuk kasus darurat. Awak kabin diizinkan untuk memberikan makanan atau minuman kepada penumpang pesawat yang membutuhkan. Tapi dengan syarat harus membawa penumpang itu agak menjauh dari penumpang lainnya.

Thailand Buat Larangan Makan di PesawatThailand Buat Larangan Makan di Pesawat Foto: iStock

Baca Juga: Virus Corona Merebak, Hong Kong Keluarkan Larangan Makan di Restoran

Selain larangan makan dan minum di dalam pesawat yang dilakukan oleh pihak Thailand guna mencegah penyebaran Covid-19, pihak mereka juga membuat kebijakan penangguhan surat kabar dalam penerbangan. Seperti majalah atau pamflet iklan.

Pihak penerbangan juga harus tetap melakukan protokol kesehatan pada setiap penumpangnya. Seperti mengenakan masker dan menjaga jarak (social distancing).

Maskapai penerbangan Thailand sempat menghentikan penerbangan domestik dan internasional di awal pandemi. Namun, kini maskapai penerbangan kembali berjalan. Bahkan penerbangan internasional sudah dibuka kembali sejak Juni 2020 lalu.

Thailand Buat Larangan Makan di PesawatThailand Buat Larangan Makan di Pesawat Foto: iStock

Sejauh ini ada total 6.884 kasus Covid-19 yang dilaporkan sejak akhir Januari 2020 lalu. Hal ini dilaporkan oleh Dashboard Covid-19 Johns Hopkins.

Dari data yang dilaporkan, total 4.240 kasus sedang dalam masa pemulihan. Total 61 kasus mengakibatkan kematian. Dalam beberapa hari terakhir, sebanyak 1.783 kasus baru yang telah dikonfirmasi.

Sebelum soal larangan makan dan minum dalam pesawat, Thailand juga memberlakukan sertivikasi pada produk seafood. Pihak pemerintah Thailand memberikan label bertuliskan 'Covid-Safe' yang menandakan kalau produk mereka tidak terpapar Covid-19.

Baca Juga: Panduan Pola Makan untuk Atasi Virus Corona Menurut Ahli Gizi



Simak Video "Tambah 7.903, Kasus Corona di Indonesia Jadi 727.122"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com