Cara Masak Mie Shirataki Untuk Turunkan Berat Badan, Cukup 15 Menit!

Tim Detikfood - detikFood Jumat, 01 Jan 2021 13:30 WIB
Shirataki noodles with smoked salmon and dill in creamy sauce Foto: iStock
Jakarta -

Shirataki sangat populer bagi pelaku diet. Kalau tahun ini mau turunkan berat badan, shitaki bisa jadi pilihan. Simak cara masak shirataki yang praktis ini.

Nama shirataki itu sendiri berasal dari bahasa Jepang yang berarti air terjun putih yang menggambarkan tampilan mi shirataki itu sendiri yang berwarna putih panjang menyerupai air terjun.

Sekilas memang mi shirataki mirip dengan suun, yang membedakan dengan mi biasanya adalah mie ini terbuat dari tepung glukomanan. Glukomanan adalah sejenis serat yang berasal dari akar tanaman konjak.

Konjak ini tumbuh di Jepang, China, dan beberapa daerah di Asia Tenggara lainnya. Maka tak heran, mi shirataki juga sering disebut sebagai mie ajaib atau mi konjak.

Menariknya, mie shirataki ini memiliki sejumlah manfaat yang menyehatkan. Serat dari glukomanannya dapat membantu menurunkan berat badan yang ampuh. Terutama bagi mereka yang sedang menjalani diet rendah kalori.

mie shiratakiCara masak mie shirataki untuk turunkan berat badan. Foto: iStock

Mie shirataki ini sangat rendah kalori. Sebab, mi ini mengandung sekitar 97% air dan 3% serat glukomanan. Selain itu, karbohidratnya juga sulit untuk dicerna.
Sehingga, dapat menunda pengosongan perut yang akan membuat rasa kenyang lebih lama. Makan pun porsinya juga jadi lebih sedikit.

Dilansir dari Healthline, dalam sebuah penelitian diungkapkan orang yang mengonsumsi glukomanan bisa kehilangan lebih banyak berat badan. Dalam tujuh studi ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi glukomanan selama 4 hingga 8 minggu, akan kehilangan berat badan sebanyak 1,4 hingga 2,5 kg.

Tak ada alasan sibuk dan tak punya waktu untuk memasak shirataki. Sebab shirataki praktis dan sederhana, kamu bisa memasaknya dalam waktu 15 menit saja.

Tambahkan topping lauk seafood seperti udang agar cita rasanya semakin lezat dan menggugah selera. Nah, kalau tahun ini akan memulai program penurunan berat badan, kamu bisa ikuti cara memasak shitaki yang praktis.

Ikuti cara memasaknya dengan KLIK HALAMAN ini.



Simak Video "Bikin Laper: Uniknya Angkringan Garut yang Hidangkan 50 Jenis Sate"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com