BBQ Tahun Baru

Cara Membuat Ayam Bakar BBQ yang Empuk Juicy

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 31 Des 2020 10:30 WIB
Cara Membuat Ayam Bakar BBQ yang Empuk Juicy Foto: Site/iStock
FOKUS BERITA BBQ Tahun Baru


3. Olesan saus BBQ

Cara Membuat Ayam Bakar BBQ yang Empuk JuicyCara Membuat Ayam Bakar BBQ yang Empuk Juicy Foto: Site/iStock

Tentunya rahasia ayam bakar BBQ yang enak dan juicy terletak pada olesan bumbunya. Meski sekarang banyak produk saus BBQ instan, tapi kalau mau lebih enak bisa coba racik di rumah sendiri.

Mengutip resep saus barbeque rumahan dari detikFood (30/12). Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat saus BBQ ada saus tomat, gula palem, madu, cuka apel, saus Inggris, mustard, saus tiram, cabe merah bubuk hingga garam.

Cara membuatnya cukup mudah, letakan saus tomat, madu hingga mustard di dalam satu wadah dan aduk hingga rata. Setelah itu baru tambahkan bumbunya seperti merica, garam hingga cabe bubuk. Untuk resep dan langkah lengkapnya, bisa cek di sini.


4. Marinasi daging ayam

Setelah ayam dipotong-potong, langkah selanjutnya adalah marinasi atau membumbui ayam sebelum dipanggang. Bahan yang dibutuhkan cukup mudah.

Setiap 1 - 1,5 kg (4-6 potong) daging ayam, dibutuhkan sekitar 250 ml saus BBQ. Kemudian tambahkan minyak sayur secukupnya agar daging tidak lengket saat dipanggang. Kemudian tambahkan 1 sendok teh garam untuk menambah rasa pada daging, aduk hingga rata dalam satu wadah. Daging siap dipanggang.

Tapi kalau mau bumbunya lebih terasa bisa didiamkan 15-30 menit agar bumbunya meresap sampai ke dalam. Bisa juga simpan di kulkas agar proses marinasinya lebih meresap.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Puas Makan All You Can Eat BBQ Brasil di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA BBQ Tahun Baru
FOKUS BERITA BBQ Tahun Baru

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com