BBQ Tahun Baru

Cara Membuat Ayam Bakar BBQ yang Empuk Juicy

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 31 Des 2020 10:30 WIB
Cara Membuat Ayam Bakar BBQ yang Empuk Juicy Foto: Site/iStock
FOKUS BERITA BBQ Tahun Baru
Jakarta -

Tak kalah favorit dari daging sapi dan seafood. Ayam bakar dengan saus BBQ juga jadi menu primadona di malam tahun baru.

Jadi menu klasik yang selalu disukai banyak orang. Ayam bakar jadi menu yang tak pernah terlewatkan saat pesta barbeque di malam tahun baru.

Tapi terkadang banyak orang yang gagal saat membuat ayam bakar atau ayam panggang BBQ ini. Padahal jika sudah tahu resep dan rahasianya, ayam bakar BBQ ini merupakan menu yang mudah dibuat.

Mulai dari racikan saus BBQ yang bisa dibuat sendiri. Potongan ayam yang harus diperhatikan, sampai waktu pemanggangan yang harus sesuai.

Dilansir dari Simply Recipes (31/12), berikut rahasia membuat ayam bakar BBQ yang enak di malam tahun baru.


1. Potongan daging ayam

Cara Membuat Ayam Bakar BBQ yang Empuk JuicyCara Membuat Ayam Bakar BBQ yang Empuk Juicy Foto: Site/iStock

Selain dibuat jadi sate ayam, menu ayam bakar dengan olesan saus BBQ juga tak kalah populer di malam tahun baru. Proses pemanggangan daging ayam memang memakan waktu lebih lama, dibandingkan memanggang daging atau seafood.

Agar daging ayam matang dengan sempurna, yang pertama kali perlu diperhatikan adalah potongan dagingnya. Untuk potongan dada ayam, daging ini lebih cepat matang dibandingkan potongan lainnya.

Tapi kalau mau rasa ayam bakar lebih juicy dan gurih, bisa pilih potongan paha bawah, paha atas dan sayap. Proses pematangannya daging ayam sekitar 15 menit, tergantung besar api atau suhu panas dari panggangan yang digunakan.


2. Irisan daging ayam

Sebelum diolesi bumbu BBQ atau saus lainnnya. Daging ayam sebaiknya dikerat-kerat atau dipotong kecil dan agak tipis. Lebih baik memanggang daging ayam dalam potongan yang lebih kecil, agar daging lebih cepat matang hingga ke dalam.

Terutama jika memanggang paha ayam, proses pematangannya lebih lama. Semakin kecil potongan daging ayamnya, semakin cepat dagingnya matang.

Hindari membuang kulit ayam saat memanggang. Karena fungsi kulit ayam ini untuk melindungi daging agar tidak cepat kering dan tetap juicy setelah dipanggang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Puas Makan All You Can Eat BBQ Brasil di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA BBQ Tahun Baru
FOKUS BERITA BBQ Tahun Baru

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com