Bakso Paling Hits 2020, Bakso Lobster hingga Bakso Comberan

Devi Setya - detikFood Rabu, 30 Des 2020 14:00 WIB
Bakso Paling Hits 2020, Bakso Lobster hingga Bakso Comberan Foto: Bakso Semox Madam Dewin
Jakarta -

Bakso merupakan makanan populer tetapi tahun 2020 banyak bakso yang mendadak hits dan jadi viral hingga diantre berjam-jam. Sebut saja bakso lobster hingga bakso comberan.

Setiap tahunnya ada makanan yang jadi tren, salah satunya menu bakso. Meskipun bakso bukan makanan baru tapi kreasi para pedagang sukses membuat bakso-bakso ini viral dan bikin heboh para foodies.

Ingat antrean bakso lobster di Bekasi? Pembeli harus rela menunggu hingga 4 jam untuk mendapatkan seporsi bakso lobster. Lain lagi dengan bakso kepiting, bakso cumi dan bakso kuah comberan yang juga punya daya tarik sendiri.

Berikut bakso-bakso unik yang sempat jadi hits di tahun 2020.

1. Bakso Lobster

bakso lobster bekasibakso lobster bekasi Foto: Devi S. Lestari/detikFood


Tidak semua orang bisa menikmati lobster karena harganya yang mahal. Tapi beberapa waktu belakangan ada bakso lobster yang sukses bikin geger karena dijual dengan harga terjangkau. Eksistensi bakso lobster berawal dari penjual di kawasan Bekasi, dan kemudian menjadi viral di seluruh Indonesia.

Sesuai dengan namanya, bakso lobster hadir dengan isian lobster utuh berukuran besar. Di Bekasi bahkan bakso ini dijual murah dengan harga mulai Rp 30 ribuan.

Alhasil, ratusan orang antre bakso lobster setiap hari. Penjual bakso pun banyak yang mengikuti tren ini, salah satunya kedai Bakso Semox yang menghadirkan 3 varian ukuran lobster. Daging lobster yang tebal dan rasanya yang gurih manis membuat orang penasaran dengan paduan bakso dan seafood premium ini.

2. Bakso Kepiting


Pencinta bakso sekaligus kepiting sangat senang begitu mengetahui ada varian bakso satu ini. Bakso kepiting terbuat dari kepiting utuh yang masih segar kemudian dilapisi adonan bakso lalu direbus hingga matang.

Bakso ini disajikan dengan kuah kaldu sapi bercampur seafood, rasanya gurih tak tertandingi. Selain lezat menggoda, tampilan kepiting pada bakso ini juga membuatnya instagramable. Orang yang memesan bakso kepiting tidak akan langsung menyantapnya sebelum difoto lebih dulu.

Berbeda dengan bakso lobster yang hits di Bekasi, bakso kepiting ini hits di Bogor. Seporsi bakso kepiting ini dibanderol dengan harga Rp 50 ribu dan bisa dinikmati di kedai Bakso Kuah Taichan, Bogor.

3. Bakso Cumi

Bakso Paling Hits 2020, Bakso Lobster hingga Bakso ComberanBakso Paling Hits 2020, Bakso Lobster hingga Bakso Comberan Foto: Bakso Semox Madam Dewin


Bakso cumi juga sempat hits di tahun 2020. Bakso ini bukan terbuat dari daging cumi, tapi perpaduan antara cumi utuh berukuran jumbo yang bagian perutnya diisi adonan bakso.

Saking besarnya ukuran cumi isi bakso ini, bakso ini kerap disebut bakso cumi raksasa. Kenyalnya daging cumi berpadu dengan adonan bakso sapi. Penyajiannya tak kalah unik, bagian daging cumi dikerat hingga adonan bakso terlihat jelas. Diguyur dengan kuah mercon berlumur cabai rawit.

4. Bakso Comberan

Bakso ComberanBakso Comberan Foto: Instagram diah_di


Nama bakso yang satu ini memang agak menjijikan karena menggunakan kata comberan yang mengesankan kotor dan jorok. Bakso ini disebut berkuah comberan karena disajikan dengan kuah yang berwarna coklat kehitaman mirip air comberan.

Sekilas warna hitam ini tampil menjijikan tapi saat dicoba rasanya dijamin ketagihan. Warna hitam pada kuah bakso ini berasal dari kluwak. Tak hanya kuahnya yang menarik, bakso juga hadir dengan potongan tulangan ayam yang sekilas mirip 'sampah'.

Saking viralnya bakso ini, sang penjual bisa menghabiskan hingga 10 kilogram adonan daging sapi serta 20 kilogram tulangan ayam. Bakso ini bisa dinikmati di kedai Bakso Item Pakde Bewok, Depok.



Simak Video "Bikin Laper: Buka Puasa Pakai Bakso Lobster yang Menggoda"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com