Viral Foto Mie dan Telur yang Membeku dengan Cepat di Siberia

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 30 Des 2020 18:30 WIB
Viral Foto Mie dan Telur yang Membeku dengan Cepat di Siberia Foto: Twitter @olegsvn/Carmen Possnig
Jakarta -

Gegara suhu dingin ekstrem, makanan bisa langsung membeku saat di luar ruangan. Seperti foto mie dan telur membeku di Siberia ini yang jadi viral.

Musim dingin kini sudah berlangsung di berbagai negara dengan tingkat suhu bervariasi. Ada yang suhu dinginnya masih bisa ditolerir, namun ada pula negara yang alami suhu dingin ekstrem.

Salah satunya Siberia dimana suhu udara ketika musim dingin di sana bisa mencapai -45 derajat Celcius. Siberia merupakan wilayah luas di Rusia yang berbatasan langsung dengan Kazakhstan di bagian utara.

Untuk menunjukkan betapa ekstrem suhu dingin di sana, netizen Twitter @olegvsn mengunggah foto eksperimen ala dirinya. Ia memperlihatkan foto mie dan telur yang membeku di luar ruangan.

"Hari ini suhunya -45C di kampung halaman saya Novosibirsk, Siberia," tulisnya pada 28 Desember 2020. Terlihat telur mentah yang baru saja dipecahkan, langsung mengeras.

Viral Foto Mie dan Telur yang Membeku dengan Cepat di SiberiaViral Foto Mie dan Telur yang Membeku dengan Cepat di Siberia Foto: Twitter @olegsvn/Carmen Possnig

Isian telur yang keluar bahkan membeku sehingga bisa jadi penyanggah untuk cangkang di atasnya. Selain itu, mie yang tengah diangkat dengan garpu juga tiba-tiba mengeras begitu saja.

Baca Juga: Unik! Suhu Korea Selatan Terlalu Dingin Mengubah Telur Mentah Jadi Es

Tentu saja foto makanan membeku ini jadi perbincangan. Foto ini viral hingga mendapat lebih dari 56 ribu likes dan 19 ribu retweet saat berita ini dibuat (30/12).

Dalam kicauannya, netizen @olegvsn juga menjelaskan kalau suhu dingin di Siberia begitu fluktuatif. Misalnya kemarin -45 C, kemudian hari ini bisa +4 C dan naik hingga +12 C.

Lalu suhu tersebut bisa kembali turun ke -25 C dan kembali lagi ke -30 C. Selain itu, @olegvsn menceritakan pengalaman unik dirinya dengan suhu dingin ketika ia menjadi Angkatan Darat di Siberia.

"Sebenarnya, ketika saya masih di Angkatan Darat dan pada malam hari suhu turun menjadi -57 C, kami tidak bisa menyalakan bensin. Cukup sulit untuk menyalakan api. Nah, kami membakar pagar kayu pada malam yang dingin itu untuk bertahan hidup :)," ujarnya.

Viral Foto Mie dan Telur yang Membeku dengan Cepat di SiberiaViral Foto Mie dan Telur yang Membeku dengan Cepat di Siberia Foto: Twitter @olegsvn/Carmen Possnig

Sebelum di Siberia, foto makanan membeku di Antartika juga pernah viral. Para peneliti di Concordia Station menunjukkan seperti apa efek suhu dingin -80 C di sana pada makanan yang dibawa ke luar ruangan.

Terlihat pasta dan telur membeku dengan cepat. Hanya dalam hitungan detik saja makanan itu mengeras sehingga foto telur yang tengah dipecahkan terkesan seperti melayang di udara.

Baca Juga: Begini Jadinya Jika Makan Pasta dan Goreng Telur Dilakukan di Antartika

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com