Unik! Suhu Korea Selatan Terlalu Dingin Mengubah Telur Mentah Jadi Es

Sonia Basoni - detikFood Senin, 04 Feb 2019 14:13 WIB
Foto: Lauren Yapalater / BuzzFeed Foto: Lauren Yapalater / BuzzFeed
Jakarta - Korea Selatan punya suhu udara yang ekstrem saat musim dingin. Saking dinginnya, telur saja membeku menjadi es berbentuk unik yang menarik perhatian.

Tidak hanya di Antartika saja yang berhasil membuat makanan membeku seketika, ketika terpapar udara dingin yang berada di sana. Di PyeongChang, Korea Selatan, suhu dingin di sana mampu mengubah telur menjadi es yang keras beku.

Baca Juga: Begini Jadinya Jika Makan Pasta dan Goreng Telur Dilakukan di Antartika
Unik! Suhu Korea Selatan Terlalu Dingin Mengubah Telur Mentah Jadi EsFoto: Lauren Yapalater / BuzzFeed
Berawal dari eksperimen yang dilakukan wanita bernama Lauren Yapalater, ia memutuskan untuk menguji seberapa dingin udara di Korsel saat musim dingin. Menggunakan objek telur dan wajan yang sengaja dibiarkan berada di luar ruangan dalam waktu beberapa jam.

"Eksperimen ini sederhana. Saya hanya ingin melihat berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membekukan telur di luar ruangan, jadi saya menaruh telur di atas wajan," tutur Lauren yang dilansir dari BuzzFeed (04/02).

Selain meletakan telur di atas wajan, Lauren juga mengubur beberapa telur utuh ke dalam salju, untuk melihat penampilan telur beku yang mengeras. Tak membutuhkan waktu lama, kurang dari lima menit, telur yang berada di atas wajan itu mulai membeku, meskipun ada sinar matahari yang menyinari wajan tersebut.
Unik! Suhu Korea Selatan Terlalu Dingin Mengubah Telur Mentah Jadi EsFoto: Lauren Yapalater / BuzzFeed
Tekstur telur tersebut mulai membentuk kaca dan lapisan keras, efek dari suhu dingin yang ada di sana. Lalu telur yang dia pecahkan di atas permukaan salju, sudah membeku dengan sempurna. Ia pun meninggalkan telur-telur eksperimennya ini selama beberapa jam di luar ruangan.

Sejam kemudian, ia kembali dan menemukan semua telurnya sudah menjadi batu es yang solid dan keras. Bahkan telur yang ada di atas wajannya, terlihat seperti telur rebus setengah matang, padahal itu efek dari lapisan es.

Bahkan Lauren berhasil mengangkat telur es itu dari wajannya, lalu membawanya masuk ke dalam untuk ditunjukkan kepada teman-temannya, sekaligus membuktikan seberapa dingin suhu di Korea Selatan saat musim dingin.
Unik! Suhu Korea Selatan Terlalu Dingin Mengubah Telur Mentah Jadi EsFoto: Lauren Yapalater / BuzzFeed
"Tampilan telur yang membeku terlihat menggiurkan. tapi telur ini tidak boleh dimakan, karena masih mentah. Jika tidak ada bakteri salmonella, mungkin saya sudah menambahkan sedikit garam dan memakan telur es ini," tutur Lauren.

Selain eksperimen telur di wajan, ia juga menunjukkan hasil telur utuh yang dikuburnya di bawah salju selama dua hari. Hasilnya telur irtu terlihat seperti terus rebus, yang dilapisi oleh selaput putih dan kuning telur yang sudah membeku sempurna.
Unik! Suhu Korea Selatan Terlalu Dingin Mengubah Telur Mentah Jadi EsFoto: Lauren Yapalater / BuzzFeed
Lauren bukan orang yang pertama bereksperimen dengan suhu dingin menggunakan makanan. Sebelumnya para peneliti yang berkerja di Concordia Station, Antartika, membagikan foto-foto lucu mereka saat berpose dengan makanan yang membeku. Mulai dari pasta, es krim, hingga telur di atas roti yang sudah berubah menjadi es.

Baca Juga: Bbbrrrr! Siap-siap Membeku Saat Makan di Dalam Restoran Es Ini

(sob/odi)