5 Resep Sambal Tradisional untuk Pelengkap Sajian BBQ

ADVERTISEMENT

BBQ Tahun Baru

5 Resep Sambal Tradisional untuk Pelengkap Sajian BBQ

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 30 Des 2020 16:00 WIB
5 Resep Sambal Tradisional untuk Pelengkap BBQ Tahun Baru
Foto: iStock
Jakarta -

Jangan salah, sambal tradisional khas Indonesia juga cocok untuk jadi pelengkap barbeque. Ada sambal kecap hingga sambal mangga yang asam segar.

Karena masih di tengah pandemi COVID-19, perayaan tahun baru sebaiknya dilakukan di rumah. Meski begitu, perayaan tahun baru tetap bisa meriah. Buat saja pesta barbeque bersama keluarga.

Kamu bisa membuat hidangan berupa ikan bakar, ayam bakar hingga seafood bakar. Tak repot untuk membuat sambal pelengkap. Sambal tradisional khas Indonesia ini juga cocok jadi pelengkap.

Ada sambal kecap, sambal dabu-dabu, sambal matah, sambal mangga hingga sambal terasi. Cara membuatnya juga mudah. Hanya perlu menyiapkan beberapa bahan, seperti bawang, cabai hingga jeruk nipis.

Berikut 5 resep sambal tradisional yang cocok jadi pelengkap sajian BBQ tahun baru.

1. Sambal Kecap

5 Resep Sambal Tradisional untuk Pelengkap BBQ Tahun Baru5 Resep Sambal Tradisional untuk Pelengkap BBQ Tahun Baru Foto: iStock

Sambal kecap bisa menjadi pelengkap yang cocok untuk barbeque tahun baru. Biasanya sambal kecap dioles untuk hidangan bakar, seperti ikan, cumi, ayam, udang dan beragam sate.

Cara membuat sambal kecap juga mudah. Hanya mencampurkan kecap manis dengan irisan cabai rawit merah, cabe rawit hijau dan bawang merah yang diiris.

Kamu bisa menyesuaikan jumlah cabai dengan selera pedas kamu. Jangan lupa juga untuk menambahkan air jeruk nipis agar lebih segar. Cara membuat sambal kecap dapat dilihat di sini.

Baca Juga : 5 Langkah Mudah Bikin Sambal Kecap Pedas Manis Untuk BBQ

2. Sambal Matah

5 Resep Sambal Tradisional untuk Pelengkap BBQ Tahun Baru5 Resep Sambal Tradisional untuk Pelengkap BBQ Tahun Baru Foto: iStock

Pecinta sambal pasti sudah tak asing lagi dengan sambal matah. Sambal matah merupakan sambal khas Bali. Kata 'matah' sendiri diambil dari bahasa Bali yang artinya 'mentah'.

Sambal matah juga mudah. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain seperti bawang merah, cabai rawit merah, serai dan daun jeruk.

Setelah itu bisa ditambah dengan air jeruk nipis baru kemudian disiram dengan minyak panas. Biasanya sambal matah cocok untuk pelengkap hidangan ikan bakar dan ayam bakar. Resep lengkapnya bisa lihat di sini.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT