Sereal untuk Diet yang Cocok Dikonsumsi Saat Sarapan

Puti Yasmin - detikFood Rabu, 30 Des 2020 06:00 WIB
5 Kesalahan Sarapan Sereal yang Bisa Bikin Diet Gagal Foto: iStock/Sereal untuk Diet yang Cocok Dikonsumsi Saat Sarapan
Jakarta -

Sarapan menjadi salah satu hal yang penting dan tak boleh dilewatkan, terutama bagi yang ingin menjaga berat badan tetap ideal. Salah satu makanan sarapan yang bisa dicoba adalah sereal untuk diet.

Sereal untuk diet mulai populer di akhir tahun 2000-an. Dikutip dari Better Me, hal ini diawali oleh sebuah perusahaan sereal yang mengklaim konsumennya bisa menurunkan berat badan hingga 2,7 kilogram dalam waktu dua minggu.

  • Seperti Apa Sereal untuk Diet?

Walaupun untuk diet, sereal tidak dikonsumsi sepanjang hari. Namun, seseorang harus mengonsumsi sereal sebanyak dua kali di waktu (sebaiknya) sarapan dan makan siang dan mengonsumsi makanan sehat di malam hari.

Selain itu, orang yang menjalankan diet sereal juga boleh mengonsumsi makanan ringan, seperti buah-buahan atau sayuran sepanjang harinya.

  • Apakah Sereal Cocok untuk Diet?

Pada dasarnya untuk diet sereal, seseorang hanya perlu mengatur jumlah kalori yang masuk dan jumlah kalori yang dibakar. Sebab, asupan kalori berperan besar dalam penurunan, hingga penambahan berat badan.

Mengonsumsi sereal untuk diet bisa dilakukan dengan benar bilamana seseorang mengonsumsi sesuai petunjuk saran penyajian. Dengan begitu, kalori yang disantap sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Dalam penelitian di tahun 2018 juga dibuktikan bahwa mengonsumsi protein dan berserat tinggi seperti dalam kandungan sereal, dapat mengurangi rasa lapar sepanjang hari.

Contoh Sereal untuk Diet:

  • Sereal Gandum

Gandum memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Sebab, memiliki kandungan serat yang tinggi dan bagus untuk pencernaan. Bentuk sereal gandum biasanya lebih padat dan renyah.

  • Sereal Jagung untuk Diet

Sereal jagung juga dikenal dengan nama cornflake. Sereal ini terbuat dari keripik jagung dan mengandung karbohidrat, zat besi, dan vitamin B kompleks sehingga cocok untuk diet.

  • Sereal Rendah Gula

Oatmeal menjadi salah satu sereal rendah gula yang bisa dikonsumsi banyak orang. Bahkan, oatmeal baik dalam menurunkan kadar kolesterol serta diabetes dalam darah. Bila tertarik, detikers juga bisa menambahkan susu rendah lemak saat mengonsumsinya.

Selamat mencoba sereal untuk diet!



Simak Video "Kedai Kopi Unik Ini Ternyata Ada di Pondok Cabe!"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com