Kisah Awal Mula Manusia Makan Daging hingga Sereal

Riska Fitria - detikFood Selasa, 15 Des 2020 12:30 WIB
Female cook holding wooden board of raw and frozen beef  meat. Foto: Getty Images/iStockphoto/MarianVejcik
Jakarta -

Memiliki rasa yang lezat, beberapa makanan ini punya sejarah panjang tentang awal mula dikonsumsi. Ternyata sudah ada sejak puluhan ribu tahun lalu.

Manusia purba adalah pemburu sekaligus penjelajah. Kegiatan mereka seperti memelihara hewan dan menanam tumbuhan telah menciptakan sesuatu yang baru. Misalnya makanan dan minuman.

Dari itulah makanan yang kita makan sekarang berasal, di mana telah ditemukan sejak puluhan ribu tahun lalu. Dan manusia purba lah yang pertama kali mengonsumsi.

Hal tersebut dibuktikan dengan penemuan-penemuan yang didapatkan oleh arkeolog. Semakin berkembangnya zaman, makanan-makanan tersebut semakin populer hingga ke seluruh dunia.

Dilansir dari World Economic Forum (23/11) berikut 5 sejarah daging hingga sereal.

1. Daging

Kisah Awal Mula Manusia Makan Daging hingga Sereal Foto: Getty Images/iStockphoto/artefy

Para arkeolog percaya bahwa manusia purba dulu memakan buah, biji dan kulit kayu. Terkadang mereka juga makan daging. Hal tersebut dibuktikan dengan penemuan alat untuk memotong daging.

Arkeolog menemukan bahwa alat tersebut telah ada lebih ada 2,6 juta tahun yang lalu. Hewan pertama yang dijadikan makanan adalah domba di Asia Barat Daya pad 13.000 TAHUN LALU.

Kemudian mereka juga mengonsumsi daging kambing pada 3.000 tahun kemudian. Setelah daging menjadi makanan, mereka kemudian mempelajari bagaimana cara mengawetkan daging.

Di negara yang memiliki empat musim, dulu manusia purba mengawetkan daging dengan cara pendinginan. Cara tersebut juga ditemukan secara tidak sengaja.

Saat itu, mereka baru mengetahui bahwa daging tidak akan mudah busuk ketika ada es di sekelilingnya. Sejak itulah, mereka selalu mengawetkan daging hasil buruannya dengan menimbun di dalam es.

2. Sereal

5 Kesalahan Sarapan Sereal yang Bisa Bikin Diet GagalKisah Awal Mula Manusia Makan Daging hingga Sereal Foto: iStock

Sereal populer sebagai menu sarapan di Amerika. Arkeolog menemukan bahwa manusia pertama kali makan sereal sekitar 12.000 tahun yang lalu. Saat itu, arkeolog menemukan sereal berbentuk cincin.

Sereal tersebut memiliki diameter berukuran 3 cm. Para arkeolog menemukan sereal di sebuah wadah yang diduga tempat menyimpan biji-bjian. Wadah penyimpanan biji-bijian juga ditemukan banyak.

Saat diteliti, sereal itu terbuat dari campuran gandum dan tepung yang mana sama seperti sereal pada umumnya. Namun, awalnya sereal tidak dikonsumsi sebagai menu sarapan, melainkan sebagai makanan untuk sebuah tradisi.

Baca Juga : 5 Brand Makanan Terkenal Ini Ternyata Punya Sejarah Kelam

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Nongkrong di Santorini Kawasan Bintaro Check!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com