Tukang Tambal Ban Ini Sukses Nambal Ban Bocor Pakai Tepung Beras

Devi Setya - detikFood Selasa, 29 Des 2020 18:30 WIB
Tukang Tambal Ban Ini Sukses Nambal Ban Bocor Pakai Tepung Beras Foto: tiktok @w_bebeb
Jakarta -

Seorang tukang tambal ban mendadak hebohkan media sosial. Ia menambal ban bocor menggunakan tepung beras. Bagaimana cara kerjanya?

Sebuah video singkat yang diunggah ke tiktok lewat akun @w_bebeb menjadi viral dalam waktu singkat. Video ini memperlihatkan aksi tukang tambal ban yang tengah menambal ban belakang sebuah motor.

Tukang Tambal Ban Ini Sukses Nambal Ban Bocor Pakai Tepung BerasTukang Tambal Ban Ini Sukses Nambal Ban Bocor Pakai Tepung Beras Foto: tiktok @w_bebeb

Jika umumnya penambal ban akan mengandalkan api dan alat khusus tambal ban untuk menyumbat lubang, maka tidak dengan tukang tambal ban yang satu ini. Ia langsung mengambil sebungkus tepung beras lalu menuangkannya ke bagian dalam ban motor ini.

Bagi orang awam, tentu saja hal ini agak membingungkan. Tepung beras biasanya dijadikan bahan untuk membuat kue, tapi ternyata ada fungsi lain yang tak kalah unik.

"Kok pakai tepung? Katanya kayak cairan ban tubless. Alhasil emang benar si abang. Ditanya belajar dari mana? Abangnya cuma ketawa," kata sang pengunggah video.

Dalam video juga diperlihatkan bagaimana tukang tambal ban ini menyiasati tepung sebagai bahan tambal ban yang bocor. Ia hanya perlu memasukkan tepung, lalu mencampurnya dengan sedikit air.

Ban motor kemudian diputar beberapa kali agar tepung bisa merata ke seluruh bagian dalam ban. Campuran adonan tepung beras dan air ini jadi cara ampuh sekaligus trik praktis untuk menambal ban bocor.

Banyak yang baru tahu trik ini, namun tak sedikit yang ternyata sudah tahu cara ini sejak lama. Netizen juga ikut terpancing untuk memberi komentar kocak.

"Jelas ini teknik yang salah, karena kurang air, telur dan baking sodanya," ujar netizen.

"Sensor dong mereknya, ntar Rose Brand jadi mahal di pasaran," kata netizen.

"Bannya langsung empuk seperti roti. Terasa renyah saat melewati polisi tidur," sahut netizen lain.

Tukang Tambal Ban Ini Sukses Nambal Ban Bocor Pakai Tepung BerasTukang Tambal Ban Ini Sukses Nambal Ban Bocor Pakai Tepung Beras Foto: tiktok @w_bebeb

Tak hanya menunjukkan proses saat diisi tepung saja, perekam video ini juga menunjukkan kondisi ban setelah dipakai satu hari berkendara. Angin dalam ban masih stabil dan bocor lagi, namun di bagian velg ban ini terlihat ceceran sisa tepung yang mengering dan menempel.

Nah, kira-kira kamu punya pengalaman serupa saat menambal ban menggunakan tepung beras?



Simak Video "Bikin Laper: Soto Padang yang Penuh Rempah dan Tetelan"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com