7 Kesalahan Penggunaan Kulkas Ini Masih Dilakukan Banyak Orang

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 29 Des 2020 13:00 WIB
Tips Menyimpan Makanan di Kulkas Pakai Rak Kawat Foto: iStock
Jakarta -

Kulkas punya fungsi penting untuk menyimpan bahan makanan, tapi banyak orang masih melakukan kesalahan penggunaan kulkas berikut ini. Simak yuk!

Kulkas atau lemari es merupakan mesin pendingin yang berfungsi untuk menyimpan bahan makanan agar tidak mudah basi. Dalam penggunaannya, kulkas memang sangat praktis. Pengguna hanya perlu menyambungkannya ke sumber listrik dan bahan makanan tinggal dimasukkan ke dalamnya untuk didinginkan.

Namun meski terlihat simpel, tanpa disadari banyak orang melakukan kesalahan penggunaan kulkas. Mereka membuat kulkas menjadi tidak hemat energi atau bahkan merusak makanan yang disimpannya. Makanan yang rusak kemudian berakhir di tempat sampah karena terbuang sia-sia.

Menurut Food Print, rata-rata limbah rumah tangga sebanyak 21% berasal dari makanan sisa. Jumlahnya mencapai lebih dari 107 kilogram per tahun untuk tiap rumah tangga di Amerika Serikat. Jika diuangkan, jumlah ini setara dengan 1.800 USD atau lebih dari Rp 25 juta!

Lantas sebenarnya apa saja kesalahan penggunaan kulkas yang masih sering dilakukan? Berikut informasinya, seperti dikutip dari Mashed (18/12):

1. Mengisi Kulkas Terlalu Penuh

Kesalahan Penggunaan Kulkas, Apa Saja?Kesalahan Penggunaan Kulkas, Apa Saja? Foto: iStock

Ada kepuasan sendiri saat melihat kulkas penuh dengan bahan makanan. Rasanya akan seperti banyak pilihan makanan yang bisa dibuat, tetapi mengisi kulkas terlalu penuh adalah kesalahan besar.

Menurut Hunker, mengisi kulkas secara berlebihan akan berdampak pada beberapa hal. Bahan makanan yang terlalu banyak di dalam kulkas dapat menghalangi sirkulasi udara pendingin sehingga membuat kulkas bekerja lebih keras. Hal ini membuat kulkas membutuhkan banyak energi dan mengonsumsi terlalu banyak daya listrik sehingga membuat tagihan listrik akan membengkak.

2. Menggunakan Rak Telur

Beberapa orang terbiasa menyimpan telur di bagian rak khusus yang ada di dekat pintu kulkas. Memang hampir semua kulkas menyediakan rak telur ini, tetapi menyimpan telur di rak merupakan kesalahan karena dapat merusak kualitasnya.

Rak telur yang berada di pintu kulkas membuat telur lebih cepat mengalami perubahan suhu saat pintu kulkas dibuka dan ditutup. Menurut Healthline, bakteri pada telur dapat tumbuh pada suhu 40 derajat fahrenheit atau 4 derajat celcius. Perubahan suhu yang fluktuatif ini akan membuat bakteri pada telur bertumbuh dengan cepat dan merusak telur.

Baca Juga: Cara Aman Simpan Makanan di Kulkas Saat Listrik Mati

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Durasi Simpan Bahan Makanan yang Baik di Kulkas"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com