BBQ Tahun Baru

5 Jenis Sosis yang Bisa Jadi Menu Pesta Tahun Baru

Devi Setya - detikFood Selasa, 29 Des 2020 14:00 WIB
Sosis yang Bisa Jadi Menu Pesta Tahun Baru Foto: Getty Images/iStockphoto/Studioimagen73
FOKUS BERITA BBQ Tahun Baru
Jakarta -

Selain daging sapi dan ayam, kamu juga bisa mengandalkan sosis sebagai bahan BBQ untuk pesta tahun baru. Kenali jenis sosis dan tips mengolahnya agar jadi sajian lezat menggoda.

Kamu penggemar sosis? Bukan hanya bisa jadi campuran sop atau tumisan, sosis juga enak diolah dengan cara dipanggang ala BBQ. Kamu bisa mengolah sosis sapi atau ayam ukuran besar atau sedang.

Meskipun sekilas bentuknya sama, sosis ternyata memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Di pasaran ada banyak jenis sosis yang bisa jadi pilihan mulai dari sosis bratwurst, frankfurter, chorizo ataupun sosis biasa. Setiap sosis memiliki rasa dan tekstur berbeda namun sama-sama gampang diolah.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 jenis sosis yang bisa jadi pilihan saat pesta BBQ tahun baru.

Jangan lupa perhatikan tips sukses masak sosis lezat dan praktis.

1. Sosis biasa

sup merah sosis sayuran5 Jenis Sosis yang Bisa Jadi Menu Pesta Tahun Baru Foto: iStock

Sosis biasa ini dikenal juga sebagai sosis serbaguna. Sebagian besar sosis ini terbuat dari daging sapi giling yang dicampur berbagai bahan dan bumbu kemudian dibungkus menggunakan usus hewan. Dalam versi modern, sosis dibungkus menggunakan bahan sintetis yang bisa dimakan langsung ataupun harus dikupas sebelum diolah.

Jenis sosis ini paling mudah ditemui di pasaran dengan harga dan kualitas beragam. Sosis bisa dimakan langsung setelah dimasak atau dijadikan campuran pada nasi goreng, sup dan berbagai makanan lainnya.

Sosis ini punya masa simpan yang panjang, beberapa produk sosis bahkan bisa disimpan dalam suhu ruangan. Soal rasa, sosis ini terbilang biasa jadi direkomendasikan untuk menambahkan saus olesan saat membakar sosis. Kamu bisa memakai saus BBQ sebagai penambah rasa.

2. Bratwurst

Sosis yang Bisa Jadi Menu Pesta Tahun BaruSosis yang Bisa Jadi Menu Pesta Tahun Baru Foto: Getty Images/iStockphoto/Studioimagen73

Bratwurst adalah sosis asal Jerman yang terbilang klasik. Sosis ini pertama kali ditemukan di Nuremberg pada tahun 1300-an dan hingga kini masih jadi makanan harian masyarakat Jerman. Kini bahkan bratwurst terkenal hampir di seluruh dunia.

Secara klasik, bratwurst merupakan sosis yang terbuat dari 3 jenis daging yakni daging sapi, daging babi dan daging sapi muda. Setiap varian sosis ini punya karakter rasa dan tekstur berbeda. Bratwurst besar ukuran diameternya dengan panjang sekitar 15-20 cm.

Sosis ini memiliki rasa gurih dan juicy. Saat disantap, tekstur sosis terasa masih agak kasar karena daging yang digunakan memang sengaja tidak digiling halus. Untuk memanggang bratwurst, kamu hanya perlu memberi sedikit kerat lalu panggang sampai matang. Saat akan disajikan, barulah sosis diberi cocolan saus BBQ.

3. Frankfurters
Masih berasal dari Jerman, sosis frankfurters biasanya dijumpai sebagai isian hotdog. Sosis ini memiliki tekstur padat lembut dengan ukuran panjang yang beragam.

Umumnya, frankfurters terbuat dari bahan utama daging sapi atau campuran daging sapi dan babi. Frankfurters memiliki rasa yang lezat karena bagian dagingnya sudah diberi bumbu seperti bawang putih, merica dan garam. Jadi untuk menjaga rasa aslinya, kamu bisa memanggang langsung frankfurters tanpa saus olesan.

Setelah matang, barulah beri saus tambahan untuk menambah rasa. Kini frankfurters hadir dalam berbagai varian rasa seperti rasa keju, lada hitam, paprika hingga mustard.

4. Chorizo

Sosis yang Bisa Jadi Menu Pesta Tahun BaruSosis yang Bisa Jadi Menu Pesta Tahun Baru Foto: Getty Images/iStockphoto/Studioimagen73

Tak hanya berasal dari Jerman, sosis juga ada yang berasal dari Spanyol yakni sosis chorizo. Sosis ini terbuat dari campuran daging sapi dan lemak babi. Sebelum dibungkus menggunakan usus babi atau sapi, adonan sosis sudah dibumbui dengan bawang putih dan aneka rempah.

Chorizo memiliki warna cenderung merah kecoklatan karena dibuat dengan proses pengasapan. Sosis ini terkenal dengan rasanya yang pedas karena dibubuhi dengan paprika bubuk. Ada dua tanda untuk membedakan rasa pedasnya, sosis dengan tanda picante biasanya punya rasa pedas, sementara tanda dulce artinya original.

Saat menjadikan chorizo sebagai bahan bbq, sebaiknya kamu tidak menambahkan bumbu atau saus olesan lebih dulu. Karena sosis ini sudah punya rasa kuat, dikhawatirkan rasa asli sosis dan saus tambahan akan saling bertabrakan.

5. Sosis cocktail

Penggemar sosis mungil atau yang sedang berdiet tapi ingin makan sosis bbq, kamu bisa memilih sosis jenis cocktail. Sosis ini memiliki ukuran yang kecil dan pendek. Tapi meskipun ukurannya mini, soal rasa bisa diadu.

Di Eropa, sosis ini kerap dijadikan makanan pembuka. Sosis cocktail punya beberapa versi daging yakni daging babi, daging sapi dan daging ayam. Sosis ini umumnya dipanggang langsung di atas wajan anti lengket karena ukurannya kecil.

Di Indonesia, sosis mungil ini sering dijadikan sate. Tusukkan beberapa sosis lalu panggang hingga matang. Kamu bisa membuat sedikit kerat dan mengolesi saus saat sosis dipanggang. Karena terbuat dari daging segar, sosis jenis ini harus disimpan dalam lemari es atau cooler sebelum diolah.



Simak Video "Puas Makan All You Can Eat BBQ Brasil di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA BBQ Tahun Baru

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com