Di 5 Negara Ini Daging Kuda Jadi Makanan yang Populer

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 11 Des 2020 19:30 WIB
Di 5 Negara Ini Daging Kuda Jadi Makanan yang Populer Foto: Getty Images/iStockphoto/Nicolas Garrat
Jakarta -

Meski tidak sepopuler daging sapi atau ayam. Namun di beberapa negara daging kuda cukup populer, bahkan dianggap sebagai makanan enak yang digemari banyak orang.

Daging kuda cukup populer sejak dulu. Di beberapa negara daging kuda masih eksis disantap sebagai makanan. Meski masih dianggap sebagai makanan ekstrem bagi sebagian orang, tapi banyak juga orang-orang yang suka dengan cita rasa daging kuda ini.

Seperti di Prancis contohnya. Daging kuda sering digunakan sebagai bahan makanan di sana. Menurut mereka daging kuda punya rasa yang enak dan lezat mirip seperti daging sapi.

Tak ketinggalan negara China, yang disebut sebagai konsumen daging kuda terbanyak di dunia. Daging kuda diolah menjadi sosis atau dendeng kering.

Dilansir dari Huffpost (11/12), berikut lima negara yang suka makan daging kuda.

1. China

Di 5 Negara Ini Daging Kuda Jadi Makanan yang PopulerDi 5 Negara Ini Daging Kuda Jadi Makanan yang Populer Foto: Getty Images/iStockphoto/Nicolas Garrat

China merupakan salah satu negara yang mengkonsumsi daging kuda paling banyak di dunia. Daging kuda ini sudah populer sejak dulu dan masih bertahan sampai sekarang. Cara menyajikan daging kuda ini cukup beragam.

Orang China biasanya mengolah daging kuda menjadi sosis, atau dikeringkan mirip seperti dendeng. Kemudian daging kuda ini disantap dengan mie atau bihun sesuai selera.

Salah satu kota yang terkenal dengan kuliner daging kudanya ada Guilin di Guangxi. Selain itu Provinsi Yunan juga populer dengan daging ini. Meskipun banyak penelitian di China yang menjelaskan risiko toxin pada daging kuda yang bisa berbahaya untuk kesehatan.


2. Indonesia

Sate Kuda JombangSate Kuda Jombang Foto: dok.detikFood/ Enggran Eko Budianto

Daging kuda juga populer di Indonesia. Biasanya daging kuda ini diolah menjadi sate yang mirip seperti sate kambing. Menurut banyak orang yang sudah mencobanya, sate daging kuda punya ciri khasnya sendiri.

Rasa daging lebih manis dan empuk dibandingkan daging sapi. Kemudian kandungan lemak daging kuda juga lebih sedikit dan proteinnya tinggi. Kuliner sate kuda ini bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia.

Seperti di Bantul contohnya. Bantul terkenal dengan sate kudanya yang unik. Sate kuda ini disajikan dengan acar dan bumbu kecap. Tersedia juga olahan daging kuda lainnya seperti tongseng hingga otak kuda.

Baca Juga: Selain Gurih Juicy, Sate Daging Kuda Punya Banyak Khasiat

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Segar! Es Krim Susu Kuda Liar Khas Sumbawa"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com