BBQ Tahun Baru

5 Jenis Sosis yang Bisa Jadi Menu Pesta Tahun Baru

Devi Setya - detikFood Selasa, 29 Des 2020 14:00 WIB
Sosis yang Bisa Jadi Menu Pesta Tahun Baru Foto: Getty Images/iStockphoto/Studioimagen73
FOKUS BERITA BBQ Tahun Baru

4. Chorizo

Sosis yang Bisa Jadi Menu Pesta Tahun BaruSosis yang Bisa Jadi Menu Pesta Tahun Baru Foto: Getty Images/iStockphoto/Studioimagen73

Tak hanya berasal dari Jerman, sosis juga ada yang berasal dari Spanyol yakni sosis chorizo. Sosis ini terbuat dari campuran daging sapi dan lemak babi. Sebelum dibungkus menggunakan usus babi atau sapi, adonan sosis sudah dibumbui dengan bawang putih dan aneka rempah.

Chorizo memiliki warna cenderung merah kecoklatan karena dibuat dengan proses pengasapan. Sosis ini terkenal dengan rasanya yang pedas karena dibubuhi dengan paprika bubuk. Ada dua tanda untuk membedakan rasa pedasnya, sosis dengan tanda picante biasanya punya rasa pedas, sementara tanda dulce artinya original.

Saat menjadikan chorizo sebagai bahan bbq, sebaiknya kamu tidak menambahkan bumbu atau saus olesan lebih dulu. Karena sosis ini sudah punya rasa kuat, dikhawatirkan rasa asli sosis dan saus tambahan akan saling bertabrakan.

5. Sosis cocktail

Penggemar sosis mungil atau yang sedang berdiet tapi ingin makan sosis bbq, kamu bisa memilih sosis jenis cocktail. Sosis ini memiliki ukuran yang kecil dan pendek. Tapi meskipun ukurannya mini, soal rasa bisa diadu.

Di Eropa, sosis ini kerap dijadikan makanan pembuka. Sosis cocktail punya beberapa versi daging yakni daging babi, daging sapi dan daging ayam. Sosis ini umumnya dipanggang langsung di atas wajan anti lengket karena ukurannya kecil.

Di Indonesia, sosis mungil ini sering dijadikan sate. Tusukkan beberapa sosis lalu panggang hingga matang. Kamu bisa membuat sedikit kerat dan mengolesi saus saat sosis dipanggang. Karena terbuat dari daging segar, sosis jenis ini harus disimpan dalam lemari es atau cooler sebelum diolah.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Puas Makan All You Can Eat BBQ Brasil di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)
FOKUS BERITA BBQ Tahun Baru
FOKUS BERITA BBQ Tahun Baru

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com