Unik! Sushi Dimakan Pakai Taburan Garam dan Bubuk Matcha

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 28 Des 2020 11:30 WIB
Sushi Pakai Garam dan Matcha Foto: soranews
Jakarta -

Sushi biasanya dinikmati dengan shoyu dan wasabi, tapi di restoran Jepang ini sushi dinikmati dengan garam dan matcha! Gimana ya rasanya?

Nigiri sushi adalah olahan nasi khas Jepang yang disajikan dengan sashimi sebagai toppingnya. Ada juga sushi yang berisikan lauk di bagian dalam dan digulung menggunakan nori (lembaran rumput laut kering). Jenis sushi ini dikenal sebagai sushi roll.

Biasanya nasi yang digunakan untuk sushi sudah dibumbui terlebih dahulu, jadi rasanya tak hambar. Lalu untuk menikmati sushi, biasanya disediakan shoyu dan wasabi.

Tapi, ada cara unik untuk menikmati sushi di salah satu restoran yang ada di Jepang. Dilansir dari Soranews (21/12), sushi ini dinikmati menggunakan garam dan matcha.

Sushi Pakai Garam dan MatchaSushi Pakai Garam dan Matcha Foto: soranews

Cara unik menikmati sushi itu bisa kamu temui di restoran bernama Sushiro. Penyajian sushi di sini menggunakan conveyor belt.

Baca Juga: Viral Netizen Makan Sushi Pakai Nasi, Ini Cara yang Benar!

Mereka menawarkan menu sushi menggunakan ikan air tawar dan kakap merah. Bukan menunya yang menarik perhatian, melainkan cara menikmati sushi tersebut.

Sushi Pakai Garam dan MatchaSushi Pakai Garam dan Matcha Foto: soranews

Pihak restoran menawarkan untuk menambahkan garam di atas sushi. Karena menurut Sushiro, cara itu adalah bagaimana para ahli sesungguhnya menikmati sushi ikan tersebut.

Mereka menyediakan garam yang telah dibungkus dalam kemasan kecil. Nantinya garam tersebut ditaburkan di atas ikan. Lalu, para pelanggan juga akan diminta untuk menambahkan matcha bubuk di atas ikan.

Sushi Pakai Garam dan MatchaSushi Pakai Garam dan Matcha Foto: soranews

Matcha ini bisa kamu ambil sendiri karena di setiap meja restoran sudah tersedia. Tak perlu banyak, taburkan matcha bubuk secukupnya di atas ikan.

Kombinasi garam dan matcha bubuk ini sering disebut matchajio. Sebenarnya kombinasi ini biasa digunakan untuk membumbui tempura khas Jepang.

Kabarnya sushi yang disantap dengan cara ini rasanya lebih kaya. Garam dan matcha mampu membuat rasa manis ikan lebih keluar. Ketika dipadukan dengan nasi yang telah dibumbui dengan cuka, terasa sangat nikmat.

Baca Juga: Nyam! Begini Cara Bikin Sushi di Rumah, Rasanya Tak Kalah dengan Restoran



Simak Video "Battle Sushi Aburi Salmon Murah VS Mahal, Mana yang Paling Enak?"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com