Viral Netizen Makan Sushi Pakai Nasi, Ini Cara yang Benar!

Riska Fitria - detikFood Jumat, 27 Nov 2020 17:00 WIB
Viral Netizen Makan Sushi Pakai Nasi, Ini Cara yang Benar! Foto: iStock
Jakarta -

Cara netizen saat makan sushi ini bikin geregetan, karena terbilang tak lazim. Ia menjadikan sushi sebagai lauk untuk makan nasi.

Sushi merupakan makanan khas Jepang yang berbahan dasar nasi. Nasi tersebut dicampur dengan cuka, lalu digulung bersama nori, ikan sayur dan biji wijen.

Sushi juga memiliki berbagai macam isian. Mulai dari ikan tuna, salmon, gurita, udang dan masih banyak lagi. Karena bentuknya yang mungil, sushi disantap dalam sekali gigitan.

Baca Juga : Nyam! Begini Cara Bikin Sushi di Rumah, Rasanya Tak Kalah dengan Restoran

Viral Netizen Makan Sushi Pakai Nasi, Ini Cara yang Benar!Viral Netizen Makan Sushi Pakai Nasi, Ini Cara yang Benar! Foto: Twitter @anggaschr

Namun, berbeda dengan pengguna Twitter yang punya cara tak lazim saat makan sushi. Ia makan sushi dicampur dengan nasi dan seolah menjadikan sushi tersebut sebagai lauk.

Cara makan sushi tersebut dibagikan lewat akunnya yang bernama @anggaschr (08/11). Dalam unggahanya tersebut terlihat sepiring nasi dengan dua jenis sushi.

Yang satu sushi roll berbalut nori dan satu lagi sushi berisikan crabstick dan sayuran. Cara makan sushi itu menjadi viral setelah dibagikan oleh akun @FFOODFESS.

Viral Netizen Makan Sushi Pakai Nasi, Ini Cara yang Benar!Viral Netizen Makan Sushi Pakai Nasi, Ini Cara yang Benar! Foto: iStock

"Indonesia banget nih gak bisa lepas dari nasi. Jadi makan nasi pakai nasi," tulis netizen.

"Kenyang baget tuh pasti makan nasi pake sushi," tulis netizen lainnya.

Nah, menanggapi hal tersebut sebenarnya ada cara-cara tertentu untuk makan sushi. Namun sayangnya, masih ada kesalahan yang kerap kali dilakukan terutama oleh orang Indonesia.

Makan sushi dicampur dengan nasi tak bisa dibenarkan. Mengingat sushi sendiri sudah terbuat dari nasi. Cocollah sushi dengan shoyu, wasabi atau acar jahe

1. Cara Makan Sushi Campur Shoyu

Viral Netizen Makan Sushi Pakai Nasi, Ini Cara yang Benar!Viral Netizen Makan Sushi Pakai Nasi, Ini Cara yang Benar! Foto: iStock

Untuk menambah cita rasa, sushi umumnya dicocol ke shoyu atau kecap asin. Biasanya sushi yang dicocol shoyu adalah sushi yang memiliki topping ikan.

Saat mencelupkan ke shoyu, pastikan untuk tidak mencelupkan bagian nasinya. Hal itu karena bisa membuat buliran nasi terpisah, sehingga jatuh berantakan.

Cara yang benar adalah mencelupkan bagian topping ikan ke shoyu. Lalu, masukkan segera ke mulut dalam posisi terbalik

2. Cara Makan Sushi Campur Wasabi

Viral Netizen Makan Sushi Pakai Nasi, Ini Cara yang Benar!Viral Netizen Makan Sushi Pakai Nasi, Ini Cara yang Benar! Foto: iStock

Selain shoyu, wasabi dan bubuk cabai juga jadi campuran makan sushi. Orang Indonesia biasa mencampurkan kedua bahan tersebut dalam satu wadah dan diberi shoyu.

Itu adalah cara makan sushi yang salah. Dilansir dari Insider (16/5/18) orang Jepang biasa mengoleskan wasabi ke bagian tengah ikan pada topping sushi.

Hal tersebut merupakan cara tradisional orang Jepang saat makan sushi. Mencampurkan wasabi, bubuk cabai dan shoyu akan menghasilkan tendangan rasa yang kuat.

3. Cara Makan Acar Jahe

Viral Netizen Makan Sushi Pakai Nasi, Ini Cara yang Benar!Viral Netizen Makan Sushi Pakai Nasi, Ini Cara yang Benar! Foto: iStock

Di restoran sushi pasti akan tersedia gari atau acar jahe di setiap meja pengunjung. Banyak orang Indonesia yang memanfaatkan acar jahe tersebut sebagai topping sushi.

Padahal, cara tersebut adalah salah. Acar jahe dimanfaatkan sebagai 'palate cleanser' atau pembersih langit-langit mulut. Acar jahe bisa dimakan setelah makan satu jenis sushi dan berencana makan jenis sushi lainnya.

Baca Juga : 5 Kesalahan Saat Makan Sushi yang Banyak Dilakukan Orang Indonesia



Simak Video "Battle Sushi Aburi Salmon Murah VS Mahal, Mana yang Paling Enak?"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com