Hidangan Natal Rumahan

Cara Membuat Kentang Panggang yang Renyah Enak ala Celebrity Chef

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 24 Des 2020 11:30 WIB
Cara Membuat Kentang Panggang yang Renyah Enak ala Celebrity Chef Foto: Getty Images/iStockphoto/fcafotodigital
FOKUS BERITA Hidangan Natal Rumahan
Jakarta -

Kentang panggang jadi pendamping aneka sajian natal. Untuk membuat kentang panggang yang renyah di luar empuk di bagian dalam, ikuti cara membuatnya berikut ini.

Kentang panggang menjadi hidangan yang harus ada saat makan malam perayaan Natal. Tradisi ini dahulu kala pertama kali dikenalkan oleh ratu Victoria.

Ratu Victoria sendiri sebenarnya lebih sering makan mashed potato daripada kentang panggang. Tetapi kentang panggang justru jauh lebih terkenal dibanding mashed potato.

Sejak saat itu, resep kentang panggang jadi semakin populer di dunia. Orang-orang secara luas menghidangkan kentang panggang dengan resepnya masing-masing. Berbagai resep kentang panggang sekarang bisa digunakan sesuai dengan yang lebih cocok.

Tetapi menurut celebrity chef Nigella Lawson, kentang panggang yang sempurna adalah yang manis dan lembut di bagian dalam, cokelat keemasan yang sangat renyah di bagian luar. Melansir Independent (2/12), berikut ini ada beberapa langkah yang direkomendasikan para chef profesional untuk hasilkan kentang panggang yang sempurna.

Memilih Jenis Kentang

Cara Membuat Kentang Panggang yang Renyah Enak ala Celebrity ChefCara Membuat Kentang Panggang yang Renyah Enak ala Celebrity Chef Foto: Getty Images/iStockphoto/fcafotodigital

Merujuk pada Jamie Oliver, jenis kentang terbaik yang bisa digunakan untuk kentang panggang adalah King Edward atau Maris Piper. Keduanya mengandung pati yang tinggi sehingga akan menghasilkan rasa yang ringan dan lembut setelah dimasak.

Kentang jenis lain juga sebenarnya tidak masalah untuk diolah menjadi kentang panggang. Seperti jenis kentang granola dan kentang tes atau diet. Tetapi semkain tinggi kandungan pati pada kentang akan menghasilkan kentang panggang yang lebih baik.

Menyiapkan Kentang

Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan sebelum mulai mengolah kentang. Ukuran potongan dan saat perebusan.

Baca Juga: Kentang Panggang Renyah Dalam 20 Menit, Begini Caranya

Pertama, kentang harus dipotong mengikuti bagian yang lebih kecil agar menghasilkan kentang yang renyah nantinya, Kemudian, rebus kentang dalam air garam yang telah mendidih selama 4 menit.

Minyak yang Tepat

Cara Membuat Kentang Panggang yang Renyah Enak ala Celebrity ChefCara Membuat Kentang Panggang yang Renyah Enak ala Celebrity Chef Foto: Getty Images/iStockphoto/fcafotodigital

Untuk menghasilkan kentang panggang dengan kerenyahan yang tepat diperlukan juga penggunaan minyak atau lemak yang tepat. Lawson, merekomendasikan untuk menggunakan minyak yang berasal dari lemak bebek atau minyak sayur untuk mereka yang vegan.

"Jika tidak menggunakan panas yang terlalu tinggi, lemak bebek menjadi favorit saya dari tahun ke tahun. Titik didihnya cukup tinggi dan rasanya enak," kata Lawson.

Waktu Pemanggangan

Beberapa chef merekomendasikan waktu memanggang yang lebih lama. Beberapa lainnya menggunakan panas yang lebih tinggi dengan waktu yang lebih singkat.

Lawson menyarankan sebaiknya kentang dipanggang selama 25 menit pada tiap sisinya dengan panas yang cukup dan biarkan sampai waktu 25 menit itu habis. Ia juga menambahkan untuk menyusun kentang hanya dengan 1 lapisan pada loyang panggang agar kentang bisa garing dengan sempurna.

Penyajian

Cara Membuat Kentang Panggang yang Renyah Enak ala Celebrity ChefCara Membuat Kentang Panggang yang Renyah Enak ala Celebrity Chef Foto: Getty Images/iStockphoto/fcafotodigital

Kentang panggang bisa disajikan terakhir setelah hidangan lain disajikan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kentang panggang tetap panas dan renyah.

Kentang yang sudah dikeluarkan dari dalam oven bisa dipindahkan pada wadah besar untuk disajikan di meja. Sebisa mungkin sajikan kentang dalam kondisi atau bahwa wadah hangat agar tetap renyah.

Tips dan Trik

Lawson mempunyai kita-kiatnya sendiri untuk bisa hasilkan kentang panggang yang renyah di luar dan lembut di dalam. Ia cenderung menambahkan tepung semolina dibanding tepung terigu.

Lain halnya dengan Jamie Oliver. Jamie lebih menekankan kepada rasa. Ia menyarankan untuk menambahkan perasa tambahan pada kentang yang sudah matang. Seperti rempah dan garam.

Baca Juga: Tak Hanya Enak, Kentang Juga Punya 14 Manfaat Baik untuk Kesehatan (2)

(adr/odi)
FOKUS BERITA Hidangan Natal Rumahan

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com