3 Cara Mudah Masak Edamame Agar Bisa Jadi Camilan Sehat

Tim Detikfood - detikFood Kamis, 24 Des 2020 07:15 WIB
Edamame is one of the popular Japanese cuisine Foto: iStock
Jakarta -

Edamame atau kedelai Jepang ini bisa jadi camilan sehat. Sering jadi suguhan di restoran Jepang, kacang ini bisa dimasak dengan berbagai cara.

Edamame, yang termasuk keluarga kacang kedelai. Bisa jadi camilan sehat dengan rasa gurih renyah yang enak. Dilansir Healthline, kacang edamame mengandung protein yang baik untuk tubuh.

Dalam 155 gram kacang edamame, terdapat 18,5 gram protein. Kacang edamame ini menyediakan seluruh asam amino yang dibutuhkan tubuh, meskipun memang tak sebaik kualitas protein hewani.

Kacang kedelai edamame kini cukup mudah didapatkan di pasaran. Biasanya dijual dalam kiloan atau kemasan 500 gram hingga 1 kilogram. Kalau membeli dalam jumlah banyak, kacang edamame bisa disimpan di kulkas untuk beberapa hari.

Kacang edamame ini dijual dalam keadaan segar tetapi ada juga yang beku. Tak sulit mengolah edamame untuk camilan di rumah.
Ada berbagai cara mengolah kacang edamame tinggal pilih saja sesuai keinginan. Sebaiknya jangan memasak terlalu lama agar tidak lonyot dan nutrisinya masih awet.

Berikut ini berbagai cara memasak edamame yang benar, dikutip dari The Spruce Eats:

1. Direbus

Merebus menjadi cara yang digemari untuk memasak kacang edamame. Mudah sekali, hanya perlu menyiapkan panci dan air.
Pertama-tama, siapkan panci, lalu isi air secukupnya. Beri garam yang secukupnya kemudian didihkan. Masukkan edamame beserta kulitnya dalam panci.

Rebus sampai kacang di dalam kulitnya empuk, kira-kira 5 menit. Angkat dan tiriskan, lalu rendam kacang edamame yang sudah direbus dalam air dingin hingga kacang benar-benar dingin lalu tiriskan. Sebaiknya rebus jangan terlalu lama agar edamame masih renyah gurih dan tidak lonyot.

Untuk cara memasak edamame lainnya, bisa dibaca DI SINI!



Simak Video "Bikin Laper: Ayam Kremes dan Sambal Daging yang Nagih"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com