5 Fakta Kuliner Tri Rismaharini, Menteri Sosial Baru yang Doyan Sate

Riska Fitria - detikFood Rabu, 23 Des 2020 13:00 WIB
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini terus menyampaikan imbauan soal social distancing. Kali ini Risma mengimbau warga menggunakan Bahasa Madura. Foto: Deny Prastyo Utomo
Jakarta -

Tri Rismaharini, Menteri Sosial yang baru dilantik ini miliki ketertarikan sendiri soal kuliner. Bahkan ia punya langganan warung makan kaki lima. Apa menu favoritnya?

Hari ini 23 Desember 2020, Tri Rismaharini resmi dilantik menjadi Menteri Sosial (Mensos) menggantikan Juliari Batubara yang tersandung kasus Korupsi. Sebelum menjadi Mensos, Tri Rismaharini merupakan Wali Kota Surabaya.

Selama menjalankan jabatannya, Risma dikenal sebagai pemimpin yang baik untuk rakyatnya. Di samping itu, Risma merupakan seorang istri dan ibu yang baik untuk keluarga kecilnya.

Ia juga pandai memasak. Hal tersebut dibuktikan lewat sebuah pelatihan kuliner yang pernah diberikan untuk ibu-ibu dari Papua. Selain itu, Risma juga doyan kulineran.

Bahkan ia telah menjadi langganan di warung makan kaki lima yang berada di kawasan lokalisasi Dolly. Di warung tersebut ada makanan yang menjadi menu andalannya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 fakta kuliner Tri Rismaharini.

1. Pernah Beri Pelatihan Kuliner

5 Fakta Kuliner Tri Rismaharini, Menteri Sosial Baru yang Doyan Sate5 Fakta Kuliner Tri Rismaharini, Menteri Sosial Baru yang Doyan Sate Foto: detikcom

Saat masih menjabat sebagai Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini pernah memberikan pelatihan di lima bidang sekaligus. Salah satunya adalah pelatihan kuliner. Pelatihan tersebut diberikan untuk ibu-ibu dari Papua.

Risma menceritakan kala kunjungannya ke Papua, ada ibu-ibu yang mendatangi hotelnya. Bukan tanpa alasan, mereka ingin bertemu Risma karena ingin meminta instruktur pelatihan di bidang kuliner, kerajinan tangan, dan industri rumahan.

Namun, saat itu waktunya mepet karena Risma harus kembali ke Surabaya. Risma pun berjanji akan kembali ke Papua untuk memberikan pelatihan. Karena tak sabar, akhirnya ibu-ibu tersebut yang datang ke Surabaya.

Mereka pun mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Pemkot Surabaya selama 10 hari. Para ibu-ibu dari Papua itu mengaku senang bisa mengikuti pelatihan dari Tri Rismaharini.

Baca Juga : Wali Kota Risma Beri Pelatihan Kuliner hingga Kerajinan ke Warga Papua

2. Ingin Dirikan Pusat Kuliner di Bawah Tanah

Mensos Tri Rismaharini (Risma)Mensos Tri Rismaharini (Risma) Foto: Andhika Prasetia/detikcom

Tri Rismaharini memang memiliki ketertarikan tersendiri pada kuliner. Selain handal memberikan pelatihan soal kuliner, mantan Wali Kota Surabaya ini juga pernah punya keinginan mendirikan pusat kuliner.

Hal tersebut disampaikan oleh Risma saat masih menjabat sebagai Wali Kota Surabaya. Bukan hanya angan-angan, Risma juga telah memiliki konsep untuk mewujudkan keinginannya tersebut.

Dalam rencananya kala itu, pembangunan pusat perbelanjaan dan kuliner serta sentra UKM akan didirikan di bawah Bundaran Pemuda hingga depan Tunjungan Plaza I.

Risma mengakui bahwa itu tidak mudah karena membutuhkan waktu yang lama. Keinginan itu muncul di tahun 2015, dan kini keinginan tersebut sudah diwujudkan. Di sana ada banyak stan kuliner unggulan Surabaya.

3. Rutin Kirim Makanan ke Petugas Rumah Pompa

Tri Rismaharini (Risma) saat perkenalan calon menteri (Biro Pers Setpres)Tri Rismaharini (Risma) saat perkenalan calon menteri (Biro Pers Setpres) Foto: Tri Rismaharini saat perkenalan calon menteri (Biro Pers Setpres)

Selain dikenal sebagai sosok yang tegas, Tri Rismaharini juga memiliki jiwa sosial yang tinggi. Dari awal menjadi Wali Kota Surabaya hingga mendekati akhir masa jabatannya, ia sering membagikan makanan untuk petugas Rumah Pompa.

Ia pernah menceritakan awal-mula di mana daerah Wonorejo Bozem terendam banjir pada tahun 2010. Saat itu belum ada perahu, dan Risma langsung teringat para petugas rumah pompa.

Akhirnya ia meminjam perahu nelayan khusus untuk mengantarkan makanan ke petugas rumah pompa. Hal tersebut menjadi rutinitas Risma. Bahkan ia sampai hafal dan mengenal satu per satu para petugas rumah pompa.

Baca Juga : Cerita Risma Beri Makanan ke Petugas Rumah Pompa dengan Perahu Nelayan

4. Kuliner Favorit Tri Rismaharini

Wali Kota Surabaya Tri RismahariniWali Kota Surabaya Tri Rismaharini Foto: Esti Widiyana

Bicara soal kuliner, wanita kelahiran Kediri, Jawa Timur ini punya kuliner favorit. Kuliner tersebut adalah sate ayam dengan bumbu kacang.

Saking sukanya, ia pernah mempromosikan sate ayam ke para delegasi luar negeri di acara Cross Culture Festival 2016. Dalam acara tersebut, Risma bahkan mengambilkan beberapa tusuk sate untuk delegasi asal Estonia.

Bukan sate ayam saja, Risma juga menyukai makanan khas Surabaya seperti lontong balap dan tahu tek. Bahkan Risma sering menyajikan makanan tersebut untuk suguhan di hari Lebaran.

Baca Juga : Dari Sate Kambing hingga Sate Padang, Ini Sate Favorit Para Politisi

5. Langganan di Warung Dolly

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, hadiri deklarasi bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi-Armuji. Deklarasi digelar di Taman Harmoni.Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, hadiri deklarasi bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi-Armuji. Deklarasi digelar di Taman Harmoni. Foto: Deny Prastyo Utomo

Dulu, di Surabaya ada kawasan yang dikenal sebagai tempat prostitusi. Kawasan tersebut dikenal dengan sebutan Gang Dolly. Namun kini, kawasan itu telah dilokalisasi menjadi sentra industri yang bermanfaat.

Selain itu, di sana ada warung makan yang kini menjadi langganan Tri Rismaharini. Warungnya bernama 'Bu Jum Dolly'. Karena sudah menjadi langganan, tentu saja Risma memiliki menu favorit di warung tersebut.

Pemilik warung mengatakan bahwa Risma sering memesan kare kepiting. Bahkan ia pernah memesan hingga 250 porsi. Satu porsi kare kepiting di warung Bu Jum Dolly dibanderol dengan harga Rp 30.000.

Baca Juga : Dilantik Jadi Mensos, Risma Tampil dengan Kebaya Merah



Simak Video "Bikin Laper: Jajal Sambal Gami di Tanah Malang"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com